detikNews
2019/10/08 14:37:25 WIB

Antusiasme Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Literasi Braille di Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Antusiasme Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Literasi Braille di Yogya Suasana literasi Braille di Grhatama Pustaka DIY, Selasa (8/10/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul - Puluhan murid berkebutuhan khusus, terutama tunanetra, mengikuti kegiatan literasi Braille di Grhatama Pustaka, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini bertujuan mengembangkan potensi dan meningkatkan pengetahuan murid dengan literasi Braille.

Puluhan murid berkebutuhan khusus ini berkumpul di sebuah ruangan. Dengan duduk memutar, mereka mengikuti bedah novel 'Laskar Pelangi' berhuruf Braille. Selanjutnya anak-anak ini diminta maju untuk menceritakan kisah 'Laskar Pelangi' dengan bahasanya sendiri.

Kepala Balai Layanan Perpustakaan DIY Nur Satwiko menjelaskan kegiatan literasi Braille baru bergulir tahun ini. Dalam kegiatan ini pihaknya mendatangkan beberapa sekolah yang muridnya memiliki kebutuhan khusus, seperti dari sekolah luar biasa (SLB).

"Peserta literasi Braille ini ada sekitar 60 murid. Sedangkan kegiatannya berisi bedah buku, story telling, bioskop berbisik, membaca buku koleksi Braille dengan meraba dan menulis huruf Braille," katanya saat ditemui di Grhatama Pustaka, Jalan Janti, Bantul, DIY, Selasa (8/10/2019).


Bekali Pengetahuan Murid Berkebutuhan Khusus dengan Literasi BrailleKepala Balai Layanan Perpustakaan DIY, Nur Satwiko, Selasa (8/10/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Dan khusus literasi Braille kali ini kami lebih fokuskan ke pendengaran dan perabaan tulisan timbul. Jika pendengaran murid kurang tajam saat kegiatan digital Braille, nanti akan kami bantu dengan alat pendengaran," imbuhnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com