detikNews
2019/10/07 22:09:16 WIB

Meriahnya HUT Kota Yogyakarta di Tugu Pal Putih

Misericordias Domini - detikNews
Halaman 1 dari 2
Meriahnya HUT Kota Yogyakarta di Tugu Pal Putih Foto: Misericordias Domini/detikcom
Yogyakarta - Kota Yogyakarta hari ini berulang tahun yang ke-263. Salah satu acara yang digelar malam ini adalah Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #4. Acara itu merupakan puncak HUT Kota Yogyakarta yang digelar tiap tahun sekali.

Saat acara digelar ribuan masyarakat memadati kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta. Sebanyak 14 Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta dan komunitas lainnya menjadi peserta pawai. Mereka menampilkan beragam kreasi yang bertemakan wayang. Berbagai atraksi yang digelar mengusung konsep street art atau pertunjukan yang memang khusus ditampilkan di jalanan.

Tahun ini WJNC mengangkat tema 'Ringgit Wanara Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat' atau biasanya dikenal sebagai Wayang Kapi-Kapi. Wayang Kapi-Kapi merupakan wayang unik milik Keraton Yogyakarta yang jarang dipertontonkan untuk umum.

Sebelum acara digelar sejak sore pukul 17.00 WIB sejumlah ruas jalan di sekitar Tugu Yogya ditutup. Penutupan jalan diantaranya Simpang Gramedia Jalan Sudirman, Jl Sabirin, Simpang McD yang merupakan tempat persiapan peserta pawai. Selanjutnya sekitar Museum Sandi di Jl Faridan M Noto dan simpat empat Jetis Jl AM Sangaji.

Selain itu ruas jalan menuju Tugu Yogya dari arah barat Jl Diponegoro juga dipenuhi warga. Arus lalu lintas kendaraan di sejumlah ruas jalan juga dialihkan sementara waktu. Sedangkan kantong-kantong parkir kendaraan disiapkan diantaranya di Jl Kranggan dan Poncowinatan.

Berdasarkan pantauan detikcom sejak pukul 18.00 WIB hingga acara berlangsung, ribuan warga datang berduyun-duyun memadati kawasan Tugu Yogya atau Tugu Pal Putih yang menjadi tempat pusat acara WJNC 2019.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com