Guru Asal Brebes yang Tertahan di Papua Akhirnya Pulang

Imam Suripto - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 21:50 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Brebes - Herman Aji Prasetiyo, guru asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang sempat tertahan selama beberapa hari di Jayapura akhirnya pulang. Dia keluar dari Papua atas biaya dari Pemkab Brebes melalui Dinas Sosial.

Warga Janagara RT 09, RW 03 Desa Janegara ini merupakan satu dari ribuan warga pendatang di Papua yang eksodus pasca kerusuhan Wamena beberapa waktu lalu. Sebelum menginjakan kaki di kampung halaman, Herman sempat mengungsi di Masjid Al Aqsha Jayapura.

Kepala Seksi Penanggulangan Fakir Miskin dan Korban Bencana Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Suharjo mengatakan, Herman pulang atas bantuan dari Pemkab melalui Dinas Sosial. Untuk pemulangan Herman, Dinsos Brebes membelikan tiket penerbangan Herman hingga penjemputan.

"Semua dibiayai oleh Pemkab melalui Dinsos. Mulai dari tiket pesawat sampai penjemputan di Bandara," kata Suharjo, Senin (7/10/2019) malam.

Herman terbang dari Sentani Jayapura menggunakan pesawat Lion Air pukul 07.00 WIT. Dari Sentani, transit di Ujung Pandang, Surabaya dan terakhir turun di Bandara Ahmad Yani Semarang pukul 20.45 WIB.

"Kami dari Dinsos langsung menjemput di Bandara Semarang dan akan langsung diantar ke rumah di Desa Janegara. Diperkirakan sampai rumah pukul 23.00," imbuh Suharjo.

Selama di Papua, Herman tinggal di Lanny Jaya. Suami dari Eti Pratiwi ini berangkat ke Papua pada Agustus 2017. Sebagai seorang guru, Herman mengajar di SMP Negeri Pirime.
(bgk/bgs)