Ribuan Warga Tumpah Ruah Nonton Wayang Jogja Night Carnival

ADVERTISEMENT

Ribuan Warga Tumpah Ruah Nonton Wayang Jogja Night Carnival

Usman Hadi - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 21:10 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya tumpah ruah di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta. Mereka antusias menyaksikan event Wayang Jogja Night Carnival #4 yang pelaksanaannya bertepatan dengan HUT Kota Yogyakarta ke-263.

Wayang Jogja Night Carnival sendiri ialah event tahunan. Dalam pelaksanaan yang keempat pada tahun ini, panitia acara mengusung tema yang tak biasa yakni 'Ringgit Wanara Kagungan Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat' atau Wayang Kapi-kapi.

Adalah Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, yang membuka event ini. Dalam sambutannya, Haryadi Suyuti menyebut ada puluhan ribu masyarakat yang menghadiri acara ini.
Wayang Jogja Night Carnival #4Wayang Jogja Night Carnival #4 Foto: Usman Hadi/detikcom

"Event ini disaksikan oleh 60 ribu orang. Tentu manfaatnya luar biasa terutama pada aspek ekonomi. Melalui event ini kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang atas bersyukur bertambahnya usia Kota Yogyakarta," katanya, Senin (7/10/2019).

Ada 14 karakter Wayang Kapi-kapi yang disuguhkan dalam event Wayang Jogja Night Carnival #4 di Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta. Ke-14 karakter tersebut merupakan wujud perpaduan bagian tubuh hewan yang merepresentasikan kehidupan di dunia.

Adapun ke-14 karakter Wayang Kapi-kapi itu terdiri dari Wayang Kapi Kingkin, Wayang Jaya Harima atau Wayang Kapi Harima, Wayang Kapi Wraha, Wayang Kapi Warjita atau Kapi Wercita, Wayang Kapi Jaya Anala atau Kapi Anggeni, Wayang Kapi Satabali.

Kemudian ada Wayang Kapi Liman Dhesthi, Wayang Kapi Premujabahu atau Kapi Permujabahu, Wayang Kapi Sembawa, Wayang Kapi Cocak Rawun, Wayang Kapi Endrajanu, Wayang Kapi Widagsi, Wayang Kapi Jaya Arina, dan Wayang Kapi Trewilun.
Wayang Jogja Night Carnival #4Wayang Jogja Night Carnival #4 Foto: Usman Hadi/detikcom

Show Director Wayang Jogja Night Carnival #4, Yetti Martanti, menjelaskan ke-14 karakter Wayang Kapi-kapi itu masing-masing diperagakan oleh sebuah kelompok. Setiap kelompok berasal dari perwakilan 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta.

"Ada tujuh seniman profesional sebagai tim kreatif yang membantu dalam mengawal proses produksi, yaitu KPH Notonegoro, RM Kristiadi, Ali Nursotya Nugraha, Anon Suneko, Emerentiana Tri Ikhtiarningsih, Agung Tri Yulianto dan Hermawan," ucapnya.

"Tujuan kami mengangkat tema ini agar masyarakat bisa mengenal Wayang Kapi-kapi dan memaknai filosofinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena Wayang Kapi-kapi sendiri mengajarkan agar kita saling mengayomi meski memiliki pribadi berbeda," tutupnya.
(ush/bgs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT