2 Penjual Martabak di Wamena Sudah Pulang ke Tegal

2 Penjual Martabak di Wamena Sudah Pulang ke Tegal

Imam Suripto - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 17:31 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Empat warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, hingga saat ini masih tertahan di Papua. Mereka menungu proses pemulangan pasca kerusuhan di Wamena beberapa hari lalu. Mereka sebagian besar bekerja sebagai wiraswasta. Dua pedagang martabak asal Lebaksiu diantaranya telah pulang di Tegal.

Bupati Tegal, Umi Azizah kepada wartawan dikantornya, Senin (7/10/2019) siang mengatakan, ada enam warga Tegal yang terdampak kerusuhan di Wamena. Dua warga diantaranya sudah pulang dari Papua pasca kerusuhan. Sementara masih ada empat orang lagi yang masih di Papua dan menunggu pemulangan.

"Dua orang yang bekerja sebagai pedagang martabak sudah pulang ke Tegal. Tinggal empat orang lagi sedang kita upayakan agar mereka pulang ke Tegal. Dinsos sedang upayakan secepatnya," Tutur Umi Azizah.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal, Nurhayati mengatakan, Dinsos diperintahkan oleh Bupati Tegal untuk memfasilitasi pemulangan semua warga Kabupaten Tegal yang ada di Jayapura. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Mengenai dua orang yang sudah pulang ke Tegal, menurut Nurhayati, mereka adalah pedagang martabak yakni Solihin (46) dan Tresno (35) warga Yamansari, Kecamatan Lebakisu, Kabupaten Tegal. Dua orang ini tiba di Tegal pada Sabtu kemarin.

Sementara empat yang tertahan masing masing adalah Miyono (51) warga RT 003 RW 03 Prupuk Selatan Kecamatan Margasari, Nawang Wulan Purnamawati (31) warga RT 01 RW 07, Slawi Kulon, Prasojo Gito (33) warga RT 05 RW 01 Slawi Wetan dan Cahyono warga RT 03 RW 05 Desa Pakulaut, Margasari Kabupaten Tegal.

"Informasi awal warga Tegal yang tersisa ada tiga orang. Kemudian data terbaru ada tambahan lagi satu orang yakni Cahyono warga RT 03 RW 05 Desa Pakulaut, Margasari Kabupaten Tegal," kata Nurhayati.

Ditambahkan, Pemkab akan membelikan tiket pesawat untuk membantu kepulangan mereka. Selain itu, pemkab akan membantu penjemputan bila sudah mendarat di bandara.


Simak juga video "5 Orang Jadi Tersangka Kerusuhan di Wamena, Sebagian Besar Orang Luar!":

[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)