Surat soal Izin Muslim United Pakai Masjid Gedhe Viral, Ini Kata Keraton Yogya

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 16:13 WIB
Keraton Yogyakarta tak mengizinkan acara Muslim United memakai Masjid Gedhe, Rabu (2/10/2019). (Foto: dok. Istimewa)
Yogyakarta - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tak mengabulkan permohonan penggunaan Kagungan Ndalem (KgD) Masjid Gedhe Keraton beserta halaman, Ndalem Pengulon, dan Alun-alun Utara sisi barat untuk kegiatan Muslim United. Kegiatan itu rencananya akan digelar pada 11-13 Oktober 2019.

Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, membenarkan pihaknya tak mengabulkan permohonan penggunaan KgD Masjid Gedhe Keraton untuk kegiatan Muslim United.

"Iya, benar (tidak memberi izin)," kata Condrokirono saat dimintai konfirmasi oleh detikcom melalui pesan singkat, Rabu (2/10/2019).

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kawedanan Hageng Panitrapura bernomor 0336/KH.PP/Suro.IX/WAWU.1953.2019. Surat yang dikeluarkan pada 28 September 2019 itu ditandatangani oleh GKR Condrokirono.

Foto surat tersebut juga telah beredar di media sosial dan grup percakapan. Condrokirono tak menyangka surat yang dikeluarkannya viral di media sosial. Padahal, katanya, surat itu dikeluarkan hanya untuk menjaga situasi di Yogyakarta.

"Karena sepertinya kok penolakan ini jadi viral. Padahal bagi saya biasa saja karena berdasarkan situasi yang ada saat ini," ujarnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2