detikNews
2019/10/02 14:46:10 WIB

Layak Dicontoh, Pemkab Brebes Larang Plastik di Kantin Sekolah

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Layak Dicontoh, Pemkab Brebes Larang Plastik di Kantin Sekolah Siswa sekolah di Brebes jajan makanan yang dibungkus kertas. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Pemkab Brebes, Jawa Tengah melarang penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan di lingkungan sekolah. Aturan ini diharapkan bisa mengurangi produksi sampah dari lingkungan sekolah.

Larangan penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan dan minuman ini tertuang dalam Peraturan Bupati Brebes nomor 57 tahun 2019 tentang Pedoman Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat.

"Dengan berlakunya Perbup ini, kita mulai galakan pengurangan sampah dari sumbernya. Di lingkungan sekolah, kantin dilarang menggunakan plastik untuk membungkus makanan dan minuman," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Edi Kusmartono saat ditemui detikcom di kantornya, Rabu (2/10/2019).


Edi Kusmartono mengungkap produksi sampah di Brebes sebanyak 900 ton per hari, 14 persen diantaranya berasal dari lingkungan sekolah. Menurutnya, sampah yang dihasilkan ini sebagian besar adalah plastik bekas pembungkus makanan dan minuman.

Siswa SMPN 1 Brebes makan menggunakan takir dari kertas. Siswa SMPN 1 Brebes makan menggunakan takir dari kertas. Foto: Imam Suripto/detikcom


Melalui Perbup ini, Edi berharap, sekolah yang ada di Brebes segera menindaklanjutinya agar produksi sampah plastik bisa berkurang. Sekolah diminta membuat aturan terkait larangan penggunaan plastik di lingkungan masing-masing.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com