detikNews
2019/10/01 19:00:59 WIB

7 Polisi Korban Lemparan Batu Saat Demo di DPRD Solo Terima Penghargaan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
7 Polisi Korban Lemparan Batu Saat Demo di DPRD Solo Terima Penghargaan Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel memberikan piagam penghargaan kepada tujuh anggota Polresta Surakarta, Selasa (1/10/2019). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Tujuh polisi yang menjadi korban lemparan batu demonstran di DPRD Surakarta mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel. Mereka dinilai telah melakukan tugas pengamanan dengan persuasif dan sabar.

Mereka adalah Aiptu Yuli Nurusyani, Aipda Bayu Prayudanto, Bripka Dwi Wahyono, Brigadir Endang Widy, Brigadir Wiji Titis, Briptu Diah Ayu Anindita, dan Bripda Joseva Dika Pratiwi.

Dari tujuh anggota tersebut, lima di antaranya ialah Polisi Wanita (Polwan). Penghargaan diberikan berupa piagam yang diserahkan di aula Mapolresta Surakarta.


Rycko mengatakan penghargaan secara umum diberikan kepada Kapolresta Surakarta beserta jajarannya. Sebab, mereka telah mengamankan jalannya demonstrasi tanpa melakukan tindakan represif.

"Secara umum penghargaan saya berikan kepada Kapolresta Surakarta karena sabar dalam menangani demonstran. Secara khusus saya beri penghargaan kepada anggota yang menjadi korban," kata Rycko seusai pemberian penghargaan, Selasa (1/10/2019).

Rycko menyebutkan sudah selayaknya polisi melayani siapa pun warga masyarakat, tidak terkecuali demonstran. Meski dilempari batu, polisi jangan sampai membalas.

"Inilah pelayanan yang sesungguhnya. Mereka melempari batu, tapi petugas tidak membalas. Akhirnya malah mereka yang minta maaf kepada petugas," ujar dia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com