Kadernya Tertembak di Kendari, IMM Gelar Aksi di Mapolres Banyumas

arb - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 00:50 WIB
Foto: Arbi Anugrah/detikom
Banyumas - Ratusan mahasiswa Jaringan Kader dan Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banyumas Raya menggelar aksi unjuk rasa di Mapolres Banyumas, Kamis (26/9/2019) malam. Mereka melakukan aksi keprihatinan tewasnya mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dalam aksi tersebut mereka menyalakan lilin sebagai bentuk duka cita atas tewasnya mahasiswa UHO, Immawan Randy akibat luka tembak. Korban merupakan salah satu kader IMM.

"Kami Meminta Kapolri memimpin langsung proses investigasi serta menindak secara tegas oknum kepolisian yg bersikap represif," kata Ketua IMM Cabang Banyumas Muhammad Ikhwan kepada wartawan.

Dia mengatakan penanganan peserta aksi oleh polisi telah mengarah pada tindakan brutal dengan melakukan penembakan hingga menelan korban jiwa.

"Kami menilai cara-cara brutal kepolisian tidak akan bisa meredam aksi, justru dapat memicu gelombang aksi yang lebih besar lagi. Kepolisian harusnya belajar dari sejarah," ucapnya.

Ikhwan juga mendesak Kapolri mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara karena kasus tersebut. Cara-cara kepolisian dalam meredam aksi tidak dapat dibenarkan.
(arb/bgs)