detikNews
Rabu 25 September 2019, 15:17 WIB

27 Pasutri Berebut Suara Dalam Pilkades Serentak Wonogiri

Aris Arianto - detikNews
27 Pasutri Berebut Suara Dalam Pilkades Serentak Wonogiri Pelaksanaan Pilkades serentak di Wonogiri, Rabu (25/9/2019). Foto: Aris Arianto/detikcom
Wonogiri - Sejumlah 27 pasangan suami istri (pasutri) berebut suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/9/2019). Selain itu, ada 18 calon kepala desa yang masih satu famili.

"Ada 27 pasutri dan 18 cakades yang masih memiliki hubungan famili seperti paman dengan keponakan ikut nyalon," ungkap Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Menurut perempuan yang akrab disapa Fitha itu, cakades yang menggandeng keluarga maupun famili kebanyakan merupakan petahana. Hal ini bisa terjadi lantaran pengaruh tokoh bersangkutan cukup dominan di suatu desa. Alhasil warga lainnya enggan ikut untuk berkontestasi.

"Sesuai aturan itu calon minimal harus dua orang. Tidak memandang apakah itu pasutri atau bukan, ya tetap sah," beber Fitha.


Salah satu pasutri yang maju dalam pilkades adalah Suharno HP (40) dan Sri Lestari (36). Keduanya menjadi cakades di Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri.

Suharno mengaku, sejak awak hingga pendaftaran ditutup tidak ada warga yang berminat. Akhirnya sang istri dimintanya untuk ikut mendaftar.

"Ikut nyalon sebenarnya tidak direncanakan. Saya mendaftarkan diri menjadi agar memenuhi syarat pilkades bisa digelar," kata Sri Lestari.

Sementara untuk pengamanan Pilkades serentak di Wonogiri, kepolisian menerjunkan hampir 1.000 personel. Personel yang diterjunkan merupakan gabungan sejumlah polres dan satuan. Meliputi seluruh anggota Polres Wonogiri yang tersprint 497 personel. Selanjutnya BKO dari Brimob 100 personel, Satsabhara Polda Jateng 100 personel, bantuan BKO dari Polresta Surakarta, Polres Sukoharjo, Polres Boyolali, Polres Klaten dan Polres Karanganyar, sebanyak 200 personel.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati mengatakan ada personel yang ditempatkan di setiap desa penyelenggara pilkades. Lalu personel lainnya ditempatkan di setiap eks-distrik, ada 5 eks distrik di Wonogiri.

"Pasukan Brimob disiagakan di tiga rayon, untuk membackup personel di eks-distrik. Semua personel siaga penuh," ujarnya.

Disebutnya, pelaksanaan pilkades di Wonogiri berlangsung aman. Pasalnya semua cakades dan tim sukses sudah sepakat menjaga suasana kondusif. Demikian pula dengan warga dan elemen masyarakat lainnya.

"Wonogiri itu terkenal paling kondusif setiap ada agenda pemilihan, baik pileg, pilpres, pilkada, termasuk pilkades," pungkasnya.
(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com