detikNews
Senin 23 September 2019, 20:08 WIB

Kata Kordum soal Para Rektor Tak Dukung Aksi 'Gejayan Memanggil'

Usman Hadi - detikNews
Kata Kordum soal Para Rektor Tak Dukung Aksi Gejayan Memanggil Penampakan massa aksi 'Gejayan Memanggil' dari udara. Foto: Istimewa
Sleman - Koordinator Umum (Kordum) Aliansi Rakyat Bergerak, Rico Tude, mempertanyakan sikap sejumlah rektor di Yogyakarta yang justru menentang aksi 'Gejayan Memanggil'. Rico mempertanyakan alasan sikap para rektor itu.

"(Sikap rektor) menunjukkan bahwa pendidikan kita hari ini, juga sistem pendidikannya juga, mungkin ada yang tidak beres," kata Rico usai aksi 'Gejayan Memanggil' di Simpang Tiga Colombo, Gejayan, Sleman, DIY, Senin (23/9/2019).


Meski kecewa dengan sikap sejumlah rektor di Yogyakarta, namun Rico mengapresiasi sikap beberapa dosen yang terang-terangan mendukung aksi 'Gejayan Memanggil'. Apalagi aksi tersebut ialah aksi damai.

"Kami mengapresiasi ada dosen-dosen yang mendukung (aksi). Nah, soal rektor (yang tak setuju adanya aksi) ini juga bentuk kekecewaan kami terutama para mahasiswa," lanjutnya.


Rico pun meminta agar perguruan tinggi terbuka dengan berbagai perbedaan pendapat dan menghargai sikap sivitas akademikanya, bukan justru membungkam mereka yang memiliki pandangan berbeda.

"Ilmu pengetahuan yang selama ini kita dapat itu coba dibungkam melalui aktor-aktor pengajar, aktor-aktor intelektual itu sendiri. Kami juga mendesak adanya pendidikan yang ilmiah, demokratis dan kerakyatan," tutupnya.



Simak juga video "Tak Hanya di Yogyakarta, #GejayanMemanggil Bergaung di Dunia Maya":

[Gambas:Video 20detik]


(ush/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com