detikNews
2019/09/20 13:49:03 WIB

Resmikan Monumen Pesawat UNS, Panglima TNI Kenang Momen Terbang Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 1
Resmikan Monumen Pesawat UNS, Panglima TNI Kenang Momen Terbang Solo Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Pesawat di UNS, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan monumen pesawat AS-202 Bravo LM-2017 di Danau Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dalam kesempatan itu, Panglima mengenang momen saat dia terbang solo.

Di awal pendidikannya di TNI AU, Hadi pertama kali juga menerbangkan pesawat AS-202 Bravo. Dia menerbangkan pesawat itu saat mengikuti pendidikan di Solo.

"Pesawat AS-202 Bravo adalah pesawat yang pertama saya terbangkan. Saya (terbang) solonya di Solo," kata Hadi kepada wartawan di UNS, Solo, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, pesawat AS-202 Bravo memiliki sejarah panjang. Pesawat ini didatangkan dari Swiss pada tahun 1980-an.

"AS-202 Bravo adalah pesawat latih pemula yang digunakan untuk lulusan taruna maupun pendidikan sukarela dinas pendek. Pada waktu itu banyak dari bintara-bintara Polri yang menerbangkan pesawat ini karena pada waktu itu Polri, TNI AD, TNI AL, juga kekurangan pilot sehingga menggunakan pesawat ini," katanya.


Setelah menggunakan AS-202 Bravo, siswa kemudian melanjutkan dengan pesawat latih dasar. Setelah itu, siswa melanjutkannya sesuai penjurusan, yakni pesawat tempur, angkut atau helikopter.

Hadi mengatakan peletakan pesawat sebagai monumen di UNS memiliki filosofi. Dia ingin lulusan UNS dapat terbang tinggi mencapai cita-citanya.

"Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UNS bertugas menyiapkan generasi-generasi muda penerus bangsa yang berkiprah dalam berbagai kehidupan bangsa dan negara," kata dia.


Sementara Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan monumen pesawat dari TNI merupakan kebanggaan bagi masyarakat Solo. Monumen tersebut juga diharapkan dapat menjadi daya tarik rekreasi masyarakat.

"Monumen ini diharapkan bisa menjadi wahana edukasi dan daya tarik rekreasi masyarakat. Kami yakin ini bisa menambah kecintaan dan kebanggaan masyarakat Solo kepada TNI AU dan kedirgantaraan," tutupnya.
(bai/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com