detikNews
Minggu 15 September 2019, 21:46 WIB

Kloter Terakhir Debarkasi Solo Tiba, 13 Jemaah Masih Perawatan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kloter Terakhir Debarkasi Solo Tiba, 13 Jemaah Masih Perawatan Foto: Istimewa/detikcom
boyolali - Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 97 Debarkasi Solo telah tiba di tanah air. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah kloter terakhir itu tiba di bandara Adi Soemarmo, Boyolali pukul 16.54 WIB.

Kloter 97 yang merupakan gabungan jamaah asal Provinsi DIY ini membawa 338 orang. Terdiri jamaah haji pria sebanyak 146 orang, perempuan 187 orang dan PPIH sebanyak 5 orang.

Kasubbag Penerangan, Humas dan Protokol, Debarkasi Solo, Agus Widakdo, mengatakan jumlah jamaah yang diberangkatkan sebanyak 34.756 orang. Sedangkan yang sudah dipulangkan sampai Kloter 97 sebanyak 34.675 orang. Sehingga ada selisih 81 jemaah.

Selisih tersebut karena adanya jamaah yang wafat sebanyak 67 orang. Kemudian sakit yang kini masih menjalani perawatan medis di Arab Saudi ada 13 orang dan satu jemaah pulang menggunakan pesawat reguler.

"Masih ada 13 jemaah haji yang tertinggal di Arab Saudi karena sakit," kata Agus Widakdo, Minggu (15/9/2019).
Jemaah yang sakit tersebut akan dipulangkan, jika kondisi kesehatannya sudah dinyatakan layak terbang.

Semntara itu, dari sejak pemberangkatan hingga pemulangan jamaah kloter terakhir ini, jumlah jemaah yang wafat dari Debarkasi Solo sebanyak 68 orang. Terdiri wafat di Arab Saudi sebanyak 66 orang. Kemudian satu jemaah meninggal di pesawat dalam perjalanan ke Tanah Sudi dan seorang jamaah meninggal dunia di Tanah Air yakni di Embarkasi Solo, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com