detikNews
Minggu 15 September 2019, 21:27 WIB

Kebakaran Gunung Merbabu Padam, 436 Hektare Hangus

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kebakaran Gunung Merbabu Padam, 436 Hektare Hangus Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kebakaran hutan di Gunung Merbabu berhasil dipadamkan. Kebakaran yang terjadi selama 4 hari itu diprediksi menghanguskan lahan sekitar 436 hektare.

"Saat ini sudah tidak terdapat titik api," ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, kepada detikcom, Minggu (15/9/2019) malam.

Menurut dia, dari pantauan melalui Satelit Lapan, dari Pukul 12.00 - 18.00 WIB, tidak ditemukan titik api di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Demikian juga dari hasil pantauan di lapangan, tak ada hotspot yang terlihat.

"Berdasarkan monitoring hotspot Satelit LAPAN maupun pantauan di lapangan kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu, dapat kami simpulkan per hari ini sudah terkendali, dapat dipadamkan," kata dia.

Kebakaran yang terjadi sejak Rabu (11/9/2019) itu, diperkirakan telah menghanguskan lahan sekitar 436 hektare. Setelah api berhasil dipadamkan, pihak BTNGMb akan melakukan mop up, guna memastikan tidak ada lagi titik api.

"Hasil evaluasi posko besok pagi (Senin, 16/9/2019) dilanjutkan dengan kegiatan mop up untuk memastikan tidak terdapat lagi sumber api," tandas dia.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sore tadi meninjau Posko penanggulangan kebakaran hutan di base camp Rempala, Ampel, Boyolali. Ikut hadir dalam kegiatan itu, Kalakhar BPBD Jateng, Dandim 0724/Boyolali, Letkol Kav Herman Taryaman, Kalakhar BPBD Boyolali, Polres Boyolali dan Kepala BTNGMb. Ganjar memantau langsung kegiatan penanggulangan kebakaran hutan di Gunung Merbabu.



(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com