detikNews
Minggu 15 September 2019, 01:21 WIB

Hadiri Tahlil 40 Hari Wafat Mbah Moen, Menag Lukman Minta Maaf

Arif Syaefudin - detikNews
Hadiri Tahlil 40 Hari Wafat Mbah Moen, Menag Lukman Minta Maaf Menag menghadiri tahlil 40 hari wafat Mbah Moen. -- Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, hadir dalam pengajian dan tahlil peringatan 40 hari wafatnya KH Maimoen Zubair di Ponpes Al Anwar Sarang, Rembang, Sabtu (14 /9/19) malam. Pada kesempatan itu, dia menyatakan permintaan maaf.

Di depan anggota keluarga, tamu dan para jemaah pengajian, Lukman meminta maaf jika dia yang bertanggung jawab dalam proses pemakaman Mbah Moen memiliki kekurangan.

"Saya di sini bukan hanya menyambung silaturrahim, saya hadir di sini untuk menyampaikan maaf saya sebesar-besarnya. Khususnya pada keluarga besar, Bu Nyai, putra-putri almaghfurlah, para kiai, dan santri. Saya mohon maaf bila ketika mengurus jenazah almarhum, banyak hal yang tidak pada tempatnya," kata Lukman.

Ia pun mengharap maklum kepada warga Indonesia terkait prosesi pemakaman jenazah Mbah Moen yang berbeda dengan tradisi pemakaman di Indonesia. Sebab, Mbah Moen dimakamkan di Ma'la Mekah, sehingga harus mengikuti tata cara disana.


Di sisi lain, ia pun mengaku takjub soal proses pemakaman Mbah Moen di Arab Saudi yang terkesan dimudahkan segala urusannya. Meskipun prosesnya dilakukan di negara lain yang pada umunya akan lebih sulit.

"Bahkan, KH Mustofa Aqil mengatakan, meski sudah wafat, beliau mengurus dirinya sendiri. Karena kebesaran beliau, semua urusan pemakaman dimudahkan," ucapnya.

Lukman berterimakasih pada pemerintah Arab Saudi, KJRI, dan santri Mbah Moen yang kebetulan sedang berhaji ketika Mbah Moen meninggal. Lukman mengatakan, bersama banyak pihak lain, mereka semua telah membantu proses pemakaman Mbah Moen.


Peringatan 40 hari wafatmya Mbah Moen digelar di kompleks Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang. Kepadatan jemaah sampai meluber hingga jalur pantura. Sekitar 1 kilometer jalur Pantura wilayah Kecamatan Sarang padat oleh para jemaah pengajian.

Jemaah pengajian yang tak kebagian tempat di kompleks ponpes, rela duduk di tengah jalan raya bersama jemaah lainnya, untuk tetap mengikuti pengajian.


Simak juga video "Mbah Moen, Ulama Karismatik Asal Rembang" :

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com