detikNews
Sabtu 14 September 2019, 14:12 WIB

Masih Terdeteksi 2 Titik Api di Kebakaran Hutan Gunung Merbabu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Masih Terdeteksi 2 Titik Api di Kebakaran Hutan Gunung Merbabu Upaya pemadaman kebakaran di Gunung Merbabu. -- Foto: Istimewa
Boyolali - Kebakaran hutan di gunung Merbabu belum padam sepenuhnya. Namun titik api sudah banyak berkurang dibandingkan Jumat kemarin.

Kawasan yang masih terbakar saat ini yakni di wilayah Resort Selo dan Resort Ampel, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb). Jumlah hotspot atau titik api, juga sudah berkurang. Jika kemarin terpantau ada 7 titik api, hingga siang ini tinggal 2 titik api saja.

"Perkembangan pengendalian kebakaran hutan di TNGMb sampai dengan pukul 12.00 WIB, lokasi yang masih terbakar saat ini wilayah Resort Selo dan Resort Ampel. Jumlah hotspot ada 2 titik api," kata Kasubbag TU BTNGMb, Johan Setyawan, Sabtu (14/9/2019).

Upaya pengendalian kebakaran saat ini masih dilakukan oleh petugas dan relawan dari sejumlah Resort. Seperti dari Resot Kopeng, Ampel, Selo, Wonolelo dan Pakis.


Untuk kawasan yang sudah padam, petugas masih terus melakukan pemantauan untuk memastikan bahwa api telah benar-benar padam.

Dikemukakan dia, dari Posko Resort Kopeng, sebanyak 64 personil dari unsur MPA, relawan, kelompok pecinta alam bergerak pukul 08.20 wib dengan sasaran tuk klanting dan Pemancar. Sebagian relawan melakukan pemantauan di blok Gedong dan Macanan.

Posko Resort Ampel, unsur yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran sebanyak 299 personil terdiri dari berbagai elemen TNI/Polri, relawan dan masyarakat bergerak mulai pukul 4.30 WiB, menuju ke lokasi yang berbeda yaitu ke arah Gumuk Kethu, Pos 2, curi malang dan Tuk Sipendok.

"Posko Resort Selo ada 200 orang dari unsur MPA, Dinas LHK Jateng, Kelompok Pecinta Alam, masyarakat, relawan dan 1 pleton dari Polres Noyolali naik menuju blok Pandeyan dan Nglorok," jelasnya.

"Juga akan disediakan dapur umum dengan bahan logistik bantuan dari Dinas Sosial dan relawan dapur umum dari Tagana," imbuhnya.


Sedangkan Posko Resort Wonolelo dan Resort Pakis, lanjut dia, melakukan pemantauan dan mop up oleh petugas Taman Nasional, MPA, MMP, BPBD, TNI,Polri dan Masyarakat setempat untuk memastikan bahwa api telah benar-benar padam.

"Prediksi luas lahan yang terbakar sampai siang hari ini diperkirakan sekitar 260 hektare," terang Johan.




Puncak Merbabu Berselimut Asap Gegara 150-an Hektare Hutan Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com