detikNews
Jumat 13 September 2019, 19:18 WIB

PP Muhammadiyah Sayangkan Pengunduran Diri Saut Situmorang

Usman Hadi - detikNews
PP Muhammadiyah Sayangkan Pengunduran Diri Saut Situmorang Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Trisno Raharjo. -- Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Sleman - Ketua Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Trisno Raharjo, menyayangkan pengunduran diri Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Saut Situmorang. Sebab bagaimanapun situasinya lembaga antirasuah harus tetap berjalan.

"Ya tentu kami menyayangkan karena pengunduran diri (Saut) itu berarti mengurangkan pimpinan KPK. Artinya dalam posisi seperti apapun KPK itu kan tetap harus berjalan," ujar Trisno kepada detikcom di kantor Pukat UGM, Jumat (13/9/2019).

"Dalam badai seperti apapun KPK itu harus berjalan, pimpinan itu harus tetap lengkap, lima. Berkurang satu saat ini walaupun usianya (jabatan pimpinan KPK periode 2015-2019) tinggal tiga bulan, bagi kami, kami cukup menyayangkan," lanjutnya.


Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini menjelaskan memang kursi komisioner KPK yang dilepas Saut masih bisa diisi oleh pelaksana tugas. Namun Trisno tetap menyayangkan pilihan Saut.

"Cuma kami sangat menyayangkan (langkah Saut), sehingga komposisinya (pimpinan KPK) menjadi tidak (lengkap)... Walaupun mungkin itu adalah pandangan dan sikap pribadi. Tapi untuk kelengkapan di KPK itu kami anggap menjadi tidak baik," pungkas dia.


Seperti diketahui, Saut Situmorang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK mulai Senin 16 September 2019. Pengunduran diri tersebut dilakukan usai DPR memilih Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.


Simak juga video "Blak-blakan Saut Situmorang: Komandan Perang KPK dan Isu Radikalisme" :

[Gambas:Video 20detik]


(ush/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com