detikNews
Jumat 13 September 2019, 18:36 WIB

Titik Api Kebakaran Gunung Merbabu di Sawangan Berhasil Dipadamkan

Eko Susanto - detikNews
Titik Api Kebakaran Gunung Merbabu di Sawangan Berhasil Dipadamkan Kebakaran Gunung Merbabu, Jumat (13/9/2019). -- Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Magelang - Titik api kebakaran Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang berhasil dipadamkan. Bersamaan itu Pos Lapangan di Basecamp Suwanting diputuskan ditutup oleh petugas gabungan.

Kepala Resort Wonolelo SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Kurnia Adi Wirawan, mengatakan kobaran api di wilayah Kecamatan Sawangan sudah terkendali. Pemantauan mulai dari Dusun Bentrokan hingga Sobleman.

"Kalau wilayah sini yang masuk Kecamatan Sawangan mulai Dusun Bentrokan sampai Dusun Sobleman terkendali dan bisa dipadamkan," kata Kurnia, usai melakukan rapat evaluasi di Basecamp Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Jumat (13/9/2019).


"Malam ini, kami melakukan pemantauan dan besok. Kemudian, besok untuk Suwanting dan Sobleman membersihkan sisa-sisa bahan bakar oleh MPA dan masyarakat sekitar," jelasnya.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Supranowo, mengatakan Pos Lapangan di Suwanting ditutup karena kebakaran di wilayah Sawangan sudah padam.

"Pos Lapangan Penanganan Kebakaran Hutan di Gunung Merbabu di Basecamp Suwanting ditutup karena api di wilayah Sawangan sudah padam," kata dia.

"Kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan oleh masyarakat dan relawan dari Banyuroto," imbuh Supranowo.


(skm/skm)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com