detikNews
Jumat 13 September 2019, 16:47 WIB

Ada 7 Titik Api, Kebakaran di Gunung Merbabu Capai 225 Hektare

Ragil Ajiyanto - detikNews
Ada 7 Titik Api, Kebakaran di Gunung Merbabu Capai 225 Hektare Kebakaran Gunung Merbabu, Jumat (13/9/2019). -- Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Gunung Merbabu masih membara. Kebakaran yang terjadi sejak kemarin itu terus meluas hingga di tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Magelang, Boyolali dan Semarang.

Hingga siang tadi terdapat tujuh hotspot atau titik api yang cukup besar dan tersebar di tiga kabupaten itu. Kawasan yang terbakar pun semakin luas.

"Luasan kawasan yang terbakar saat ini masih kita data. Luasan yang terbakar masih diperkirakan kurang lebih 225 hektare, tersebar di tujuh hotspot itu," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, saat ditemui di kantornya di Boyolali, Jumat (13/9/2019).


Kawasan yang terbakar vegetasinya berupa semak belukar dan tumbuhan bawah. Namun demikian terdapat sejumlah tanaman keras yang juga ikut terbakar, antara lain akasia dekoren dan puspa.

Menurut Junita, kawasan yang terbakar masih berada di sisi atas dan jauh dari pemukiman penduduk. Titik api dari desa paling atas perjalanan jalan kaki masih sekitar 5 jam.

Diketahui, kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, titik api awalnya terpantau pada Rabu (11/9/2019) malam di wilayah Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Api terus membesar dan menjalar ke arah timur dan utara.

Upaya pemadaman terkendala sejumlah hal. Antara lain cuaca saat ini yang sangat panas dan vegetasi yang terbakar berupa semak belukar dan tumbuhan bawah. Kemudian angin kencang membuat kobaran api semakin membesar dan mudah menjalar.

"Topografinya sangat sulit. Dari desa terakhir menuju titik api itu 5 jam jalan dan itu ada jurang, ada tebing, ada bukit," jelas Junita.


Namun demikian upaya pemadaman secara manual tetap terus dilakukan oleh tim gabungan, yaitu dari BTNGMb, relawan, muspika di wilayah setempat, TNI/Polri, mapala dan masyarakat sekitar. Dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi juga ikut naik membantu upaya pemadaman kebakaran di Gunung Merbabu.
(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com