detikNews
Jumat 13 September 2019, 14:42 WIB

Kebakaran Gunung Slamet, 500 Personel Gabungan Sekat Api di 5 Sektor

Arbi Anugrah - detikNews
Kebakaran Gunung Slamet, 500 Personel Gabungan Sekat Api di 5 Sektor Kebakaran melanda lereng Gunung Slamet. Foto: Arbi Anugrah
Purbalingga - Sebanyak 500 personel gabungan berupaya memadamkan kebakaran di ereng Gunung Slamet. Mereka membuat sekat agar api tak menjalar di lima sektor.

"Gabungan yang hampir 500 personel ikut bikin penyekatan di lima sektor," ujar Koordinator Lapangan SAR Purbalingga, Slamet Ardiansyah kepada detikcom di Posko Pendakian Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jumat (13/9/2019).

Penyekatan dilakukan di jarak 1 meter dari kebakaran. Terdapat warga sekitar yang juga mendekati titik api untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan peralatan seadanya.


Slamet mengungkapkan saat ini api sudah mengecil dibanding dengan pagi tadi.

Meski begitu, para pemadam harus berhadapan dengan tanah gambut dan ilalang yang menghambat pemadaman api. Ditambah lagi dengan angin kencang di lokasi kebakaran yang berpotensi membuat api dengan cepat melewati sekat yang sudah dibuat oleh tim gabungan.

Selain itu medan yang terjal juga menjadi tantangan bagi para pemadam gabungan ini.


"Sekarang yang sudah padam ada sekitar 80 persen. Meskipun masih ada titik titik api, tapi itu ada di dalam sekatan, mudah-mudahan aman," kata Slamet.

Slamet belum bisa melaporkan luas lahan yang terbakar. Namun, lanjutnya, api sudah mulai mendekati hutan lindung dan lahan warga.

"Untuk yang di bawah, sudah sekitar 300 meter mendekati lahan warga. Selain gambut dan ilalang yang terbakar, ada juga pohon pinus yang diantaranya dipastikan banyak yang mati," jelasnya.
(arb/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com