detikNews
Jumat 13 September 2019, 10:33 WIB

Kebakaran di Merbabu Belum Terkendali, Ini Dia Faktor Penghambatnya

Eko Susanto - detikNews
Kebakaran di Merbabu Belum Terkendali, Ini Dia Faktor Penghambatnya Kebakaran di Gunung Merbabu. Foto: Eko Susanto/detikcom
Kabupaten Semarang - Kebakaran yang terjadi di Gunung Merbabu, semakin meluas. Diperkirakan penyebab meluasnya kebakaran tersebut karena faktor ketersediaan bahan bakar dan cuaca.

"Faktor ketersediaan bahan bakar sama cuaca. Jadi, yang pertama bahan bakar di wilayah Gunung Merbabu ini yang di atas sabana dan disitu sabananya kering dan sangat tebal selesahnya sehingga itu menjadi faktor penyebab kebakaran ini sulit dikendalikan, didukung adanya cuaca," katanya Kepala Seksi Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Nurpana Sulaksono saat ditemui wartawan di kantornya, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jumat (13/9/2019).

Selain itu, Nurpana menjelaskan ada faktor angin yang kencang menyebabkan api cepat merambat.


Nurpana melanjutkan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak diantaranya, BPBD Kabupaten Magelang, Polres Magelang, Kodim 0705/Magelang dan relawan pada Kamis (12/9) malam.

"Jadi kemarin kita membagi tugas dan membagi pintu masuk untuk melakukan kegiatan penanganan dan ada beberapa titik. Ada beberapa titik di wilayah Magelang, khususnya di wilayah Magelang," ujar dia.



Tonton juga video 10 Hektare Hutan Pinus di Maros Sulsel Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com