detikNews
Kamis 12 September 2019, 21:58 WIB

Medan Sulit Jadi Kendala Pemadaman Kebakaran di Gunung Merbabu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Medan Sulit Jadi Kendala Pemadaman Kebakaran di Gunung Merbabu Foto: Ragil Ajiyanto
Boyolali - Kebakaran yang melanda Gunung Merbabu hingga malam ini belum padam. Kobaran api masih terlihat membara dan terus menjalar di kawasan puncak.

"Api masih belum bias dipadamkan dan terus menjalar," kata Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setyawan kepada detikcom, Kamis (12/9/2019) malam.

Dijelaskan, kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu terjadi di wilayah Resort Pakis, SPTN wilayah I, BTNGMb. Titik api terpantau pertama kali pada Rabu (11/9/2019), sekitar pukul 19.30 WIB, dari wilayah Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Kobaran api terus menjalar ke arah timur dan utara. Pada Kamis pagi, tim dari BTNGMb, relawan dan masyarakat setempat naik ke titik api untuk melakukan pemadaman. Namun api terus menjalar dan belum bisa dipadamkam.

"Sore tadi sekitar Pukul 17.00 WIB, api mulai menjalar di blok Kecitran, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Magelang. Sampai saat ini, pukul 20.00 WIB, api masih berpijar dan belum padam," jelasnya.

Pemadaman mengalami kendala, antara lain sulitnya medan. Lokasi yang sulit dijangkau, lereng yang curam dan sulit air. Upaya pemadaman pun hanya dilakukan secara manual.

Pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait, antara lain jajaran Muspika, BPBD, relawan dan masyarakat dalam upaya pemadaman, besok pagi. Petugas juga terus memantau pada beberapa titik.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com