detikNews
Kamis 12 September 2019, 19:44 WIB

Hutan di Kawasan Gunung Slamet Terbakar

Arbi Anugrah - detikNews
Hutan di Kawasan Gunung Slamet Terbakar Foto: Istimewa/detikcom
Purbalingga - Kebakaran hutan terjadi di kawasan Gunung Slamet di Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga Kamis (12/9/2019). Api membakar kawasan hutan pinus petak 58a hingga petak 58b.

Hingga Kamis sore, api belum berhasil dipadamkan. Sekitar 100 personil tim gabungan dari unsur Polres Purbalingga, Tagana, SAR Bambangan serta warga sekitar masih berusaha memadamkan api.

"Titik api terlihat sejak pukul 09.00 WIB, TKP di petak 58B, kurang lebih 200m arah kiri dari jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan, dan sampai saat ini api masih menyala dikarenakan cuaca panas, angin besar dan ilalang kering," kata Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochmannkepada wartawan usai turun dari lokasi kebakaran.

Dia mengatakan jumlah anggota dibagi menjadi empat kelompok untuk membuat sekat. Untuk upaya pemadaman sendiri hingga saat ini masih dilakukan secara manual, dengan memukul-mukulkan ranting pohon, serta menguruk dengan tanah agar tidak merembet ke wilayah lain.

"Medan yang sulit dan tidak adanya air. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 2,5 Ha, kawasan itu terdiri rumput dan ilalang," ujarnya.

Sementara menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Purbalingga, Muhsoni, mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus memantau lokasi. Sejumlah personel masih disiagakan di pos pendakian Bambangan.

"Kebetulan kondisi angin juga cukup kencang," ujarnya.

Karena kencangnya tiupan angin menyebabkan api mengarah ke Gunung Malang dan ladang gambut yang berada dilereng Gunung Slamet.

"Api mengarah ke kawasan gunung Malang, sampai saat ini masih menyala. Warga dihimbau menyiapkan peralatan untuk pemadaman, karena api mengarah ke ladang gambut. Saat ini personel masih standby di sekitar kawasan," ucapnya.

(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com