detikNews
Rabu 11 September 2019, 17:00 WIB

Ketua KPK: Semoga Jokowi Digerakkan Hatinya oleh Allah Tolak RUU KPK

Usman Hadi - detikNews
Ketua KPK: Semoga Jokowi Digerakkan Hatinya oleh Allah Tolak RUU KPK Jumpa pers Ketua KPK Agus Rahardjo dan para peneliti Pusat Studi Hukum dan Antikorupsi. Foto: Usman Hadi/detikcom
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Sleman - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, berharap Presiden Jokowi menolak pembahasan RUU KPK yang diusulkan DPR. Ia pun berdoa agar Jokowi digerakkan hatinya oleh Sang Pencipta.

"Kita tunggu sambil berharap dan kita berdoa kepada Allah semoga Pak Jokowi digerakkan hatinya oleh Allah (agar menolak RUU revisi atas UU KPK)," kata Agus kepada wartawan di Kantor Pukat UGM, Rabu (11/9/2019).

Agus mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima informasi secara resmi apakah Jokowi mengirimkan surat presiden (surpres) terkait revisi UU KPK ke DPR atau tidak. Oleh karena, ia tak bersedia menduga-duga.

"Saya terus terang nggak bisa menduga-duga ya, karena ini (sikap Presiden) kan pasti terkait dengan partai pendukung ya kan. Apakah kemudian apa sampai Presiden... saya terus terang nggak bisa menduga-duga," tuturnya.


Agus pun belum tahu apa langkah yang akan diambil pimpinan KPK apabila Presiden Jokowi menyetujui RUU KPK. Namun jika hal itu yang terjadi, maka pilihannya akan meminta saran dan masukan dari masyarakat.

"Ya kita nanti kalau misalkan terjadi (RUU KPK disetujui) ya kita tanya rakyat, teman-teman kita yang selalu mendukung kita itu. Karena kan cukup masif dari semua unsur apa yang perlu kita lakukan ya nanti kita diskusikan," sebutnya.


"Saya belum bisa meramalkan hari ini (apa langkah yang akan diambil pimpinan KPK apabila RUU disetujui). Tapi saya sangat masih berharap, sangat masih berharap presiden kemudian diubah hatinya oleh Allah SWT," pungkas Agus.
(ush/sip)
FOKUS BERITA: KPK di Ujung Tanduk
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com