detikNews
Selasa 10 September 2019, 18:53 WIB

Mobil Crane Ambruk Timpa Kapal di Pelabuhan Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Mobil Crane Ambruk Timpa Kapal di Pelabuhan Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Sebuah mobil crane ambruk dan menimpa kapal di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Hingga malam ini proses evakuasi masih diupayakan.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, lokasinya berada di dermaga depan mercusuar. Saat itu crane sedang mengangkut blok beton dan akan dipindah ke Kapal Suar 11 dan KM 126. Namun crane itu justru ambruk dan tiangnya menimpa kapal milik Distrik Navigasi Kelas II Semarang tersebut.

"Mau angkut beton dipindah ke tengah (kapal). Malah (crane) ambruk," kata seorang saksi Doni di lokasi, Selasa (10/9/2019).

Beruntung, ambruknya mobil crane bernopol B-9728-XHZ itu tidak menimbulkan korban jiwa. Operator crane, Paing (45), selamat dalam peristiwa tersebut. Sementara itu, posisi tiang crane menimpa geladak kapal.



Kaposlek Pelabuhan Tanjung Emas Semarang AKP Samsu Wirman mengatakan crane tidak seimbang saat hendak mengangkat beton karena salah satu kaki amblas.

"Namun belum sempat (beton) diangkat ke atas kapal, keseimbangan kaki crane sebelah kiri depan amblas," kata Samsu.

Saat ini crane yang roboh belum dievakuasi. Dua crane didatangkan untuk melakukan evakuasi. Satu kapal sudah dipindahkan, sedangkan kapal Suar 11 masih di lokasi awal karena tertimpa crane dan menunggu evakuasi.




Tonton juga video "Sam Poo Kong Semarang Jadi Penutup Tur Konser Westlife":

[Gambas:Video 20detik]


(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com