detikNews
Jumat 06 September 2019, 13:34 WIB

Lempar Pertanyaan Soal Narkoba, Iriana Bagi-bagi Laptop ke Taruna

Pradito Rida Pertana - detikNews
Lempar Pertanyaan Soal Narkoba, Iriana Bagi-bagi Laptop ke Taruna Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla bagi-bagi laptop untuk Taruna. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Sleman - Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mufidah Kalla menghadiri acara sosialisasi di Gedung Sabang Merauke, Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU), Kabupaten Sleman hari ini. Dalam acara tersebut, Iriana dan Mufidah memberi hadiah laptop kepada lima taruna baik dari Akmil dan Akpol.

Mengenakan baju lengan panjang berwarna putih, celana panjang hitam dan selendang bermotif batik, Iriana, Mufidah beserta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja tiba acara Sosialisasi Bahaya Narkoba, Hoax, Bullying dan Pornografi kepada taruna akademi TNI dan Polri serta Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan se-Yogyakarta di Gedung Sabang Merauke, Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU), Kabupaten Sleman, Jumat (6/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Setibanya di Gedung tersebut, rombongan Iriana disambut penampilan drumband Gita Dirgantara.

Acara pun berlanjut dengan pembacaan ikrar kebulatan tekad pemuda Indonesia. Setelah itu, Iriana dan Mufidah maju ke depan panggung untuk memanggil beberapa taruna yang memiliki tinggi 180 cm. Tampak dua taruna berpostur tinggi maju ke depan panggung diikuti tiga taruna lainnya.

"Ini tingginya berapa?" Tanya Iriana kepada salah seorang taruna. Taruna itu pun menjawab "Siap, 190 (cm)," ucapnya menjawab pertanyaan Ibu Negara.


Selanjutnya, Iriana memberi pertanyaan kepada masing-masing taruna yang maju ke depan panggung.

"Seandainya teman kamu kena narkoba, bagaimana saran untuk temanmu itu?" tanya Iriana.

Mendapat pertanyaan itu, seorang taruna langsung memberikan jawaban. "Ada dua faktor penyebab dia terkena narkoba, pertama faktor individu dan faktor lingkungan karena itu saya akan menyarankannya untuk memperkuat imannya," katanya.


Tak sampai di situ saja, Iriana kembali melayangkan pertanyaan, "Kalau dia masih pakai narkoba?" Taruna itu menjawab, "Saya akan laporkan ke polisi."

Iriana kembali melayangkan pertanyaan yakni jika yang bersangkutan tidak mau dilaporkan polisi dan memilih untuk bersembunyi, apa yang seharusnya dilakukan.

Taruna itu menjawab bahwa ia akan menyarankan agar pemakai narkoba menjalani rehabilitasi. Mendengar jawaban tersebut, Iriana memberi hadiah masing-masing satu unit laptop kepada dua taruna tersebut.


Memasuki sesi kedua, Mufidah Kalla kembali melayangkan pertanyaan kepada para taruna yang maju ke depan panggung. "Seluruh aktivitasmu di internet, dan medsos akan meninggalkan jejak, disebut apakah jejak itu dan apa artinya?" tanya Mufidah.

Dengan sigap taruna itu menjawab pertanyaan dari Mufidah. "Jejak yang dimaksud adalah jejak digital atau apabila kita posting ada data tersimpan di internet," jawab taruna tersebut.

Karena berhasil menjawab pertanyaan itu, taruna tersebut mendapatkan hadiah berupa laptop. Begitu juga dengan dua taruna berpostur tinggi karena berhasil menjawab kepanjangan dari BNN.

Salah seorang taruna yang mendapat hadiah laptop, Muhammad Nurfaizil (19) mengungkapkan bahwa ia tidak menyangka akan mendapatkan hadiah laptop dari Iriana. Menurut taruna AAU tingkat 2 atau sersan taruna ini, laptop yang ia peroleh akan dipergunakan untuk menunjang kegiatan akademisnya selama di AAU.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas karunia ini, dan tidak menyangka bisa ketemu Ibu Negara dan dapat hadiah laptop. Laptop ini akan saya gunakan untuk menjalani kehidupan di akademi (angkatan udara), seperti untuk mencari referensi yang berkaitan dengan akademik," ujarnya saat ditemui di lokasi acara.



Tonton video Edarkan Sabu ke Mahasiswa, Residivis Didor di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com