Air Baku Sempat Tercemar Ciu, IPA Semanggi Solo Mulai Beroperasi Normal

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 13:27 WIB
Perbedaan hasil olahan antara air yang tidak tercemar dengan air yang tercemar diduga alkohol ciu. -- Foto: Istimewa
Solo - Perumda Air Minum Toya Wening Surakarta sempat menghentikan operasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi karena air bakunya tercemar limbah diduga alkohol ciu. Kini IPA Semanggi sudah beroperasi seperti biasa.

Petugas IPA Semanggi, Purnomo, mengatakan terus memantau kondisi air baku di Sungai Bengawan Solo. Menurutnya air sudah kembali normal setelah lebih dari 12 jam tercemar.

"Mungkin karena kemarin ramai diberitakan, tidak ada yang berani buang limbah di sungai. Sejak kemarin malam sudah normal," kata Purnomo saat dihubungi wartawan, Jumat (6/9/2019).


Menurutnya kondisi seperti ini biasa terjadi. Namun biasanya pencemaran terjadi akibat limbah pabrik. Musim kemarau membuat air sungai semakin pekat.

"Kalau saat musim penghujan kan airnya banyak, jadi limbahnya tidak terlalu pekat," ujarnya.

Sementara itu Direktur Teknik Perumda Air Minum Surakarta, Tri Atmojo, mengatakan tim gabungan hari ini mengecek langsung di titik pencemaran. Lokasinya berada di pertemuan Kali Samin, Grogol, Sukoharjo dengan Bengawan Solo.

"Kami ambil sampel untuk dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Kita cek kandungan alkohol dan lainnya," ujarnya.

Dia juga berharap agar pemerintah pusat menyetujui usulan Pemkot Surakarta yang sejak tahun lalu meminta bantuan intake. Dengan intake baru, IPA Semanggi dapat mengambil air baku dari titik sebelum pertemuan Bengawan Solo dengan Kali Samin.

"Tahun lalu kan ada kejadian juga, karena limbah pabrik pekat, maka tidak layak konsumsi. Kami harapkan usulan kami disetujui," katanya.


Seperti diberitakan, IPA Semanggi Solo tidak beroperasi pada Kamis (5/9) sejak pukul 08.00 WIB karena air baku Bengawan Solo tercemar limbah diduga alkohol ciu. Selama pengolahan disetop, pelanggan mendapatkan air bersih dari sumber Cokro Tulung.



Tonton juga video Calon Ibu Kota Baru Punya Masalah Air Bersih:

[Gambas:Video 20detik]

(bai/skm)