detikNews
Kamis 05 September 2019, 19:15 WIB

Waduh! Diduga Tercemar Ciu, PDAM Solo Setop Produksi IPA Semanggi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Waduh! Diduga Tercemar Ciu, PDAM Solo Setop Produksi IPA Semanggi Perbedaan hasil olahan antara air yang tidak tercemar dengan air yang tercemar diduga alkohol ciu. -- Foto: Istimewa
Solo - PDAM Toya Wening Surakarta menyetop produksi air minum di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi sejak pagi tadi. Penyebabnya air baku dari Sungai Bengawan Solo diduga tercemar alkohol ciu.

Direktur Teknik PDAM Surakarta, Tri Atmojo, mengatakan menerima laporan tersebut sejak pukul 08.00 WIB. Petugas IPA Semanggi meminta izin tidak operasi karena adanya kendala air berbau alkohol seperti ciu.

"Saya cek ternyata betul, airnya bau alkohol. Kami putuskan untuk setop operasi dulu," kata Tri saat dihubungi detikcom, Kamis (5/9/2019).


Pihaknya kemudian mengalirkan sumber air dari Cokro Tulung untuk melayani pelanggan di Semanggi. Meski demikian, kata Tri, tidak semua pelanggan memperoleh air bersih.

"Aliran dari Cokro itu tidak deras sampai ke seluruh Semanggi yang jumlahnya sekitar 6 ribu pelanggan. Bagian tanggul ke timur itu tidak dapat," ujarnya.

PDAM saat ini masih memantau kondisi air baku tersebut. Pihaknya tengah menyiapkan armada untuk melakukan pengiriman tangki air bersih untuk pelanggan di Semanggi.

Setelah ditelusuri, PDAM menemukan pencemaran terjadi di Kali Samin, Kadokan, Grogol, Sukoharjo yang berbatasan dengan Sungai Bengawan Solo. Dia membandingkan hasil olahan air di titik tersebut.

"Air sebelum pertemuan dengan Kali Samin bening. Di titik pertemuan agak keruh. Sedangkan air dari Kali Samin keruh. Makanya kita tidak berani menyalurkan ke pelanggan," katanya.


Untuk langkah lebih lanjut, PDAM telah berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta hingga Provinsi Jawa Tengah.

"Ini kita pantau terus. Besok akan kita lihat lagi kondisinya untuk menentukan langkah selanjutnya," ujarnya.


Saksikan juga video 50 Drum Limbah Nyaris Cemari Air PDAM Semarang:

[Gambas:Video 20detik]


Waduh! Diduga Tercemar Ciu, PDAM Solo Setop Produksi IPA Semanggi

(bai/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com