detikNews
Kamis 05 September 2019, 16:26 WIB

Polisi Amankan Uang Palsu Puluhan Juta Rupiah di Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Polisi Amankan Uang Palsu Puluhan Juta Rupiah di Pekalongan Uang palsu puluhan juta rupiah disita polisi di Pekalongan. Foto: Dok Polsek Kedungwuni, Pekalongan
Pekalongan - Polisi menangkap Akhmad Taufik (51) setelah mengincarnya selama seminggu terkait peredaran uang palsu (upal). Upal puluhan juta rupiah diamankan dari tangan Akhmad Taufik.

"Semingu lalu kita terima laporan adanya uang palsu. Kita lidik dan dapati nama tersangka. Kita pancing keluar," kata Kapolsek Kedungwuni, AKP Prisandi Tiar pada detikcom, Kamis (05/09).

Pelaku diamankan petugas gabungan Polsek dan Tim Buser Satreskrim Polres Pekalongan di lapangan Gemek, Kedungwuni, pada Rabu (4/9) malam.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan ratusan lembar uang palsu yang terdiri dari pecahaan Rp 100 ribu sebanyak 298 lembar.


"Saat diamankan, terdapat uang asli yang diletakkan di bagian atas dan bawah upal yang terbungkus plastik," imbuhnya.

Tidak sampai di sini saja, polisi juga menggeledah rumah kontrakan pelaku di Desa Pandanarum, Kecamatan Tirto. Di rumah tersebut, polisi menemukan uang 223 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu, 81 lembar upal pecahan Rp 20 ribu, 75 lembar upal pecahan Rp 10 ribu dan 44 lembar upal pecahan Rp 100 ribu dan 5 lembar upal pecahan kertas Rp 5 ribu.


"Dari barang bukti uang palsu yang kita amankan, semuanya Rp 48,745 juta. Masih kita dalami berapa yang sudah tersebar dan asal muasal upal tersebut," pungkas Prisandi.



Tonton juga video Polri Ungkap Sindikat Peredaran Uang Palsu di Tiga Wilayah Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com