Warga Gunungkidul Ditemukan Tewas Gantung Diri di Pohon Nangka

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 05 Sep 2019 14:34 WIB
Foto: Thinkstock
Gunungkidul - Seorang warga Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul berinisial SM (50) ditemukan tewas gantung diri di sebuah pohon nangka. Sri diduga gantung diri karena terbelit permasalahan keluarga.

Kapolsek Karangmojo, Kompol Sunaryo, mengungkapkan kejadian berawal saat saksi Tariyono (57) bermaksud menghidupkan diesel air untuk mengairi ladang pertanian pagi tadi. Saat berjalan ke lokasi diesel air, Tariyono mendapati posisi Sri gantung diri di pohon nangka dekat rumahnya.

"Jadi belum sampai menghidupkan diesel itu, saksi melihat korban sudah gantung diri di pohon nangka," kata Sunaryo saat dihubungi melalui telepon, Kamis (5/9/2019).


Mengetahui hal tersebut, Tariyono langsung berteriak minta tolong. Warga yang mendengar teriakan saksi lantas berdatangan ke lokasi. Setelah mengetahui ada tetangganya yang gantung diri, warga kemudian melapor ke Polsek Karangmojo.

"Dapat laporan itu anggota bersama petugas medis langsung ke TKP. Dari hasil pemeriksaan petugas medis tadi tidak ditemukan bekas penganiayaan sehingga korban murni meninggal dunia karena gantung diri," jelas Sunaryo.


Terkait penyebab Sri nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri, Sunaryo mengaku belum bisa memastikannya. Namun keterangan yang diperoleh dari lapangan mengarah kepada tidak kuatnya mental Sri dalam menghadapi permasalahan.

"Diperkirakan korban punya masalah pribadi yang dan yang bersangkutan tidak bisa mengatasinya, atau bahasanya tidak kuat mental dalam menghadapi masalah itu," ujarnya.

Sunaryo menambahkan, saat ini jenazah Sri telah dibawa ke rumah duka. Selain itu dari pihak keluarga telah menerima kejadian tersebut sebagai sebuah musibah. (skm/skm)