detikNews
Rabu 04 September 2019, 19:32 WIB

Besok Internet Beberapa Wilayah di Papua Diaktifkan Lagi, Mana Saja?

Usman Hadi  - detikNews
Besok Internet Beberapa Wilayah di Papua Diaktifkan Lagi, Mana Saja? Menkominfo, Rudiantara (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Pemerintah berencana menurunkan level pembatasan internet dari tingkat provinsi ke level kabupaten/kota di Papua mulai Kamis (5/9) besok. Wilayah mana saja yang akses internetnya akan dipulihkan?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara belum bisa membeberkan kabupaten/kota di Papua mana saja yang internetnya akan dipulihkan. Sebab, pihaknya masih harus melihat situasi terbaru.

"Belum, (wilayah mana saja yang internetnya akan dipulihkan) belum final. Karena kan (melihat situasi) di lapangan.... Ini kan, kami harus koordinasi dengan pihak keamanan yang ada di Papua," kata Rudiantara.

Hal itu disampaikan Rudiantara setelah menjadi pembicara IDX-RHB Investment Summit 2019 di Hotel Marriott Yogyakarta, Jalan Ringroad Utara, Depok, Sleman, DIY, Rabu (4/9/2019).


Rudiantara hanya memberikan clue akses internetnya yang akan dipulihkan adalah kabupaten/kota di Papua yang situasinya aman. Sedangkan di wilayah yang masih rusuh, akses internetnya belum akan dibuka.

"Di mana kabupaten/kota yang kondusif? Tentunya yang tidak ada rusuh, (akses internetnya) kita aktifkan kembali. Yang sudah kondusif juga bisa kita aktifkan," ungkapnya.

"Mudah-mudahan hari ini (pemetaannya) sudah selesai semua, sehingga besok seperti yang Pak Menko Polhukam sampaikan tanggal 5 (September) mulai diaktifkan kembali secara bertahap," lanjutnya.


Kementerian Kominfo, kata Rudiantara, belum bisa memastikan kapan akses internet dibuka secara penuh di Papua. Namun pihaknya berjanji akan memulihkan akses internet di Papua secara bertahap.

"Yang menentukan Menko Polhukam. Tapi kan ada (pertimbangan) TNI, ada Polri, ada BIN, ada Kominfo. Ya kita duduk sama-sama," pungkas dia.
(ush/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com