2 Anak Amien Rais Jadi Anggota DPRD DIY, Hanum: Bukan Wakil Keluarga

Usman Hadi - detikNews
Senin, 02 Sep 2019 15:01 WIB
Hanum Rais bersama suaminya. -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Dua anak Amien Rais, Hanum Salsabiela dan Ahmad Baihaqy, resmi dilantik menjadi anggota DPRD DIY. Hanum menegaskan dia dan adiknya adalah wakil rakyat DIY, bukan wakil keluarga.

"Saya rasa kehadiran saya dan Baihaqy di sini bukan mewakili satu orang atau satu keluarga, tapi mewakili masyarakat," kata Hanum kepada wartawan usai dilantik di Ruang Rapat Paripurna DPRD DIY, Senin (2/9/2019) siang.

Hanum menegaskan bahwa pencalonannya sebagai anggota legislatif di Pemilu 2019 hingga dilantik telah melewati mekanisme kepartaian sama seperti kader lainnya. Tidak ada perlakuan khusus dari partai.


"Kami (Hanum dan Baihaqy) sudah melalui suatu mekanisme kepartaian, kami juga ikut bertarung dan kami duduk di sini juga istilahnya melalui suatu sistem meritokrasi," tuturnya.

Di DPRD DIY periode 2019-2024 Hanum belum mengetahui akan ditempatkan di komisi mana. Namun ia memastikan dirinya siap ditempatkan partai untuk bekerja di komisi manapun.

"Nanti saya siap ditempatkan di mana saja oleh partai. Saya siap dimanapun. Ada harapan tapi saya harus (menunggu keputusan partai)," sebutnya.


Dalam kesempatan itu Hanum juga bercerita bahwa dirinya kerap bertukar pikiran dengan kakaknya, Hanafi Rais. Seperti diketahui Hanafi adalah anggota DPR RI Dapil DIY petahana yang berhasil mempertahankan kursinya.

"Tentu beliau (Hanafi) kan sudah menjadi salah satu anggota dewan di pusat lima tahun. Jadi beliau juga memiliki pengalaman dan sebuah art of politics yang saya juga harus banyak belajar dari (Hanafi)," tutupnya. (ush/mbr)