Tradisi Lepas Luwur Pesarean di Makam Sunan Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Minggu, 01 Sep 2019 17:48 WIB
Tradisi buka luwur malam Sunan Kudus -- Foto: Akrom Hazami/detikcom
Tradisi buka luwur malam Sunan Kudus -- Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Tradisi melepas kain selubung makam atau pelepasan luwur makam selalu dilakukan di makam Sunan Kudus setiap 1 Muharram.

Mahesa Agni, perwakilan panitia acara Buka Luwur Makam Sunan Kudus menjelaskan, pihaknya melepas kain mori di Makam Sunan Kudus yang memiliki panjang 34,8 pis, atau jika diukur dalam meter, mempunyai panjang 34,29 meter per pisnya.

"Kain dilepas dan dikeluarkan dari areal makam menuju bangunan tajuk satu per satu. Mulai dari pelepasan, pembuatan motif kain, hingga pemasangan kembali," kata Mahesa, kepad media di lokasi.


Ada enam tim yang dipersiapkan. Dari jumlah itu, lima tim disiapkan untuk proses pembuatan motif di kain baru yang akan dipasang. Sementara satu tim lagi bertugas untuk melakukan pelepasan dan pemasangan kain pada Makam Sunan Kudus.

"Sedang untuk motif kainnya, terdiri dari motif untuk, motif kompol, motif melaten, motif wiru, dan motif ranjam," jelasnya.
Tradisi Lepas Luwur Pesarean di Makam Sunan KudusTradisi buka luwur malam Sunan Kudus -- Foto: Akrom Hazami/detikcom

Dia menjelaskan motif dibuat dengan kualitas kain yang berbeda. Serta pemasangannya juga memiliki tempatnya masing-masing.

"Motif ranjam diletakkan di area dalam, motif kompol diletakkan di pojok-pojok makam. Serta motif melaten untuk menghias bagian dalam. Dan motif waru yang digunakan untuk menutup," terangnya.

Kain lama itu akan dibagikan kepada warga sekitar kompleks masjid. Selanjutnya selubung yang baru akan dipasang pada 10 Muharram mendatang. (mbr/mbr)