Sama-sama Bisnis Katering, Wanita Ini Siap Duet Bareng Gibran di Pilkada Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 15:31 WIB
Pengusaha katering, Catur Dewi Puspito Retno siap maju Pilwalkot Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Pengusaha katering asal Solo, Catur Dewi Puspito Retno siap mencalonkan diri dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surakarta tahun depan. Dia mengaku siap diduetkan dengan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang memiliki bisnis sejenis dengannya.

Tidak muluk-muluk, dia secara tegas langsung membidik posisi calon wakil wali kota. Dia membuka diri kepada siapapun yang bersedia menjadi pasangannya.

"Kami membuka diri kepada siapapun yang mau. Termasuk dengan Mas Gibran yang namanya sudah masuk bursa wali kota," kata Retno di tempat usahanya, Katering Mbak Retno, Pajang, Laweyan, Solo, Jumat (30/8/2019).


Dengan usaha katering Chilli Pari milik Gibran, Retno mengatakan kerap bersaing. Namun dia mengakui katering miliknya belum bisa mengalahkan katering Gibran.

"Memang persaingan katering di Solo ini ketat. Tapi kalau urusan politik lain. Kalau memang bersedia, kita akan usung Gino, Gibran-Retno," ujar wanita berusia 50 tahun itu.


Bukan tanpa modal, Retno berpengalaman dalam Pemilu 2019 kemarin. Dia sebelumnya merupakan Caleg DPRD Surakarta daerah pemilihan Laweyan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kemarin saya dapat sekitar 3 ribu suara, kurang sedikit saja bisa dapat kursi DPRD. Hitungan saya sudah lolos, tapi di last minute saya lengah, sehingga gagal," katanya.

Di internal partai, dia sudah berkomunikasi dengan Ketua DPC PPP Surakarta. Selain itu, dia juga menjajaki komunikasi dengan empat parpol lain.

"Dari ketua sudah mengizinkan. Dari empat parpol, ada dua yang welcome, dua lainnya masih pikir-pikir. Komunikasi terus kita lakukan, termasuk dengan parpol yang kemarin tidak lolos ke dewan," ujar dia.


Sedangkan soal modal materi, dia mengaku sudah menyiapkan. Meski dalam Pileg kemarin gagal, Retno menyatakan masih memiliki modal cukup.

"Modal saya sudah siapkan. Kemarin saya sudah habis-habisan, sekarang sekalian saya habiskan," ungkapnya. (bai/sip)