detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 16:15 WIB

Sejak April Ditemukan 254 Tabung Elpiji 3 Kg Tak Tepat Sasaran di Kedu

Eko Susanto - detikNews
Sejak April Ditemukan 254 Tabung Elpiji 3 Kg Tak Tepat Sasaran di Kedu Focus Group Discussion Mekanisme Distribusi Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran di Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Sejak bulan April hingga 21 Agustus 2019, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, menemukan 254 tabung elpiji 3 kg tidak tepat sasaran di wilayah Kedu. Untuk itu, pihaknya terus menyosialisasikan agar distribusi elpiji 3 kg tepat sasaran.

Unit Manager Comm & CSR MOR IV PT Pertamina, Andar Titi Lestari mengatakan, di wilayah Kedu sejak bulan April hingga bulan ini dilakukan sidak bersama. Adapun sidak tersebut dengan sasaran rumah makan, hotel dan lokasi peternakan-peternakan. Dalam sidak ini ditemukan 254 tabung elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran.

"Sejak April, sudah kita lakukan sidak bersama. Jadi ke rumah makan, hotel, kemudian ke peternakan-peternakan. Hasil dari kita sidak itu terkumpul 254 tabung, hanya di daerah Kedu (Magelang, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Kebumen)," kata Andar usai Focus Group Discussion Mekanisme Distribusi Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (29/8/2019).


"Rata-rata ditemukan di rumah makan, ada di peternakan ayam, non-UKM di laundry-laundry seperti itu," katanya.

Terkait temuan tersebut, kata dia, tidak ada sanksi. Untuk itu, pihaknya hanya memberikan imbauan-imbauan. Kemudian, dilakukan penukaran dari tabung 3 kg menuju tabung 5,5 kg.

"Nggak ada sanksi. Kita hanya ngasih imbauan, kita memberikan edukasi. Kalau kita menemukan di rumah makan atau di peternakan, kita ajak mereka untuk menukar," ujarnya.


"Kita punya program dan masih berlaku sampai sekarang. Jadi, jika Anda punya elpiji 3 kg 2 tabung yang kosong langsung bisa ditukarkan dengan 1 tabung 5,5 kg ke pangkalan atau agen. Nah, pada saat sidak kemarin itu, teman-teman dari Hiswana Migas sudah siapkan tabung 5,5 kg," ujar dia.

Penukaran tersebut bersifat gratis dan berlaku juga bagi warga masyarakat luas.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com