detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 16:21 WIB

Luhut Mengaku Diutus Jokowi Tinjau Lokasi Calon Masjid Bantuan UEA di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Luhut Mengaku Diutus Jokowi Tinjau Lokasi Calon Masjid Bantuan UEA di Solo Luhut Panjaitan tinjau pembangunan masjid di Taman Sriwedari Solo -- Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, meninjau dua lokasi calon masjid yang akan dibangun di Solo. Masjid yang akan dibangun itu atas bantuan dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheik Mohammed bin Zayed Nahyan.

Menko Kemaritiman itu mengaku datang sebagai utusan Jokowi untuk melihat langsung kondisi lahan di Solo.

Ditemani Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dia meninjau dua lokasi. Pertama dia mendatangi proyek Masjid Taman Sriwedari Surakarta yang memang sudah berlangsung, kemudian dia meninjau lahan kosong bekas depo Pertamina di Gilingan, Banjarsari, Solo.


Melihat proyek Masjid Taman Sriwedari, Luhut mengaku terkesan. Dari lahan 1,7 hektare yang digunakan untuk proyek masjid, masih dapat dikembangkan lebih luas lagi.

"Saya tadi lihat yang Sriwedari ternyata tanahnya luas dan bagus ya. Pemahaman saya cuma 1,7 hektare, ternyata bisa dikembangin sampe 10 hektare," kata Luhut usai peninjauan, Kamis (29/8/2019).
Luhut Mengaku Diutus Jokowi Tinjau Lokasi Calon Masjid Bantuan UEA di SoloPembangunan masjid di Taman Sriwedari Solo -- Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Sedangkan di bekas depo Pertamina, luas lahan yang dapat digunakan ialah 2,4 hektare. Lahan milik Pertamina ini rencananya akan dihibahkan kepada Pemkot Surakarta jika Jokowi dan Pangeran UEA menemui kata sepakat.

"Kalau di tanah kedua yang kita lihat di Pertamina tadi, itu memang tanah kosong 2,4 hektare. Kalau nanti pompa bensin (di sebelahnya) dipindahkan bisa 2,8 hektare," kata Luhut.


Luhut mengaku tidak dapat menentukan pilihan. Hasil tinjauannya hari ini akan dia laporkan terlebih dahulu kepada Jokowi.

"Saya laporkan nanti malam, terserah beliau mau pilih yang mana. Nanti untung ruginya gimana nanti," ungkapnya.

Menurutnya, putra mahkota UEA memang ingin membangunkan sebuah masjid di kampung halaman Jokowi. Selain itu, UEA juga memberikan banyak bantuan kepada Indonesia di berbagai bidang.

"Beliau pengin bantu banyak banget, ada pertanian, pendidikan, pertahanan. Salah satunya itu beliau pengin nyumbangin mesjid kepada presiden Jokowi. Mesjid yang jadi islamic center, yang memberikan pencerahan islam yang damai," tutupnya.



Tonton juga video Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com