detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 15:42 WIB

Warga Temukan Fosil Diduga Kepala Kerbau Raksasa di Grobogan

Akrom Hazami - detikNews
Warga Temukan Fosil Diduga Kepala Kerbau Raksasa di Grobogan Warga menemukan fosil diduga kepala kerbau raksasa di Grobogan. (Foto: dok. Kades Banjarejo, Grobogan)
Grobogan - Warga menemukan fosil diduga kepala kerbau raksasa di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran akan memeriksa temuan itu.

"Betul, ditemukan fosil berupa bagian kepala kerbau raksasa," ujar Kades Banjarejo Ahmad Taufik via pesan pendek kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Warga yang menemukan fosil tersebut adalah Budi Setyo Utomo. Budi menceritakan menemukan fosil berukuran besar itu di Sungai Lusi.

"Iya, saya temukan fosilnya kemarin di Sungai Lusi di wilayah Dumpil," kata Budi saat dihubungi detikcom.


"Fosilnya berupa bagian kepala kerbau. Berupa tanduk dan masih ada tengkoraknya," tambah Budi.

Pria yang juga Ketua Komunitas Peduli Fosil Banjarejo ini menjelaskan lebih lanjut seputar temuannya.

"Tanduk kerbau ini memiliki panjang 1,5 meter, panjang tengkoraknya 65 cm, dan lebar 30 cm, jarak antarujung tanduk kurang-lebih 1,5 meter," imbuhnya.


Dia menjelaskan, fosil itu ditemukannya pada 1 Agustus 2019. Ketika itu musim kemarau sedang melanda, sehingga air di Sungai Lusi tidak terlalu dalam dan arus sungai juga tidak deras.

"Kalau musim kemarau ini air di sungai memang terlihat surut. Saya menemukan tanduk dan tengkoraknya terpisah dengan jarak sekitar 3 meter," terangnya.

Fosil yang diduga tanduk ditemukan di dasar sungai yang saat itu sedang surut. Sedangkan tengkoraknya ditemukan tak jauh dari lokasi tanduk itu.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com