detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 17:26 WIB

Jalani Reka Ulang, 5 Pelaku Pembunuhan ABG di Tegal Cengengesan

Imam Suripto - detikNews
Jalani Reka Ulang, 5 Pelaku Pembunuhan ABG di Tegal Cengengesan Rekonstruksi kasus pembunuhan ABG di Tegal dengan tersangka 5 orang sahabat korban, Selasa (20/8/2019). (Imam Suripto/detikcom)
Tegal - Polres Tegal menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan ABG, Nurkhikmah (16), warga Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara. Mirisnya, lima orang tersangka yang dihadirkan dalam reka ulang ini tampak sering bercanda tanpa menunjukkan rasa penyesalan.

Kelima tersangka adalah Abdul Malik (20), Muhammad Soproi (18), Saiful Anwar (24), NL (17), dan AI (15). Mereka tak lain adalah sahabat korban.

"Para pelaku memang tampak tak ada penyesalan. Masih sempat bercanda sambil cengengesan," kata Kasatreskrim Polres Tegal AKP Bambang Purnomo setelah melaksanakan rekonstruksi, Selasa (20/8/2019).



Rekonstruksi digelar di kompleks Aspol Kalibiruk, Slawi. Polisi sengaja memindahkan lokasi reka ulang dari TKP ke tempat lain karena faktor keamanan.

Jalani Reka Ulang, 5 Pelaku Pembunuhan ABG Di Tegal CengengesanRekonstruksi kasus pembunuhan ABG di Tegal (Imam Suripto/detikcom)
Bambang menjelaskan rekonstruksi ini digelar untuk melengkapi berkas perkara di Kejaksaan Negeri. Adapun dalam rekonstruksi ini para tersangka memperagakan 35 adegan.

"Kita mengambil lokasi rekonstruksi di Lapangan Aspol Kalibliruk, Slawi. Kita tidak ambil di TKP aslinya karena situasi di sana tidak memungkinkan. Akses juga buruk," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, jaksa penuntut umum (JPU) Ni Luh Made Arie Adi Ningsih memastikan dua tersangka perempuan yang diketahui masih di bawah umur tidak akan menerima diversi atau pengalihan penyelesaian perkara dari proses peradilan ke proses di luar peradilan pidana. Dua tersangka di bawah umur itu tetap diancam hukuman pidana tanpa adanya keringanan.

"Karena pidana dengan hukuman lebih dari 7 tahun penjara tidak ada diversi, namun tetap akan dibimbing. Dari rekonstruksi ini semua adegan sudah sesuai dengan berkas penyidikan. Tindakan pembunuhan ini memang dipicu para pelaku berada dalam pengaruh miras," papar Arie, yang ikut hadir dalam rekonstruksi tersebut.


Para tersangka dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 80 ayat 3 UU Perlindungan Anak dengan ancaman kurungan 15 tahun dan Pasal 339 KUHP dengan ancaman 20 tahun penjara.




Tonton Video Kasus Kerangka dalam Karung di Tegal, Ini 5 Pelakunya:

[Gambas:Video 20detik]


(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com