detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 14:35 WIB

Sujud Syukur Haji Kloter I Debarkasi Solo Setelah Mendarat di Tanah Air

Ragil Ajiyanto - detikNews
Sujud Syukur Haji Kloter I Debarkasi Solo Setelah Mendarat di Tanah Air Jemaah haji kloter 1 Debarkasi Solo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kloter pertama jemaah haji Debarkasi Solo, tiba di Tanah Air. Pesawat yang membawa jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo itu mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali sekitar pukul 10.45 WIB.

Kedatangan Kloter I ini mundur sekitar satu jam, dari jadwal semula tiba pukul 09.40 WIB. Begitu turun dari pesawat usai perjalanan panjang dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, sebagian jemaah langsung melakukan sujud syukur. Wajah haru senang terlihat dari wajah para jemaah.

Seorang jemaah, Yatno mengaku senang ibadah haji yang dilaksanakan berjalan lancar dan pulang ke Indonesia lagi dengan selamat.

"Alhamdulillah lega, bisa lancar menunaikan ibadah haji dan pulang tanpa kekurangan suatu apapun," kata Yatno, yang merupakan warga Jetak, Sukoharjo kepada wartawan, Minggu (18/8/2019).

Jemaah haji kloter 1 Debarkasi Solo tiba di bandara Adi Soemarmo, Boyolali.Jemaah haji kloter 1 Debarkasi Solo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Ketua PPIH Debarkasi Surakarta Farhani menambahkan ada 360 orang yang tiba di kloter pertama ini.


"Terdiri 355 jemaah dan 5 petugas," imbuhnya.

Setelah turun dari pesawat terbang, para jemaah langsung naik ke bus yang sudah disiapkan. Kemudian dibawa ke asrama haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali untuk mengikuti upacara penyerahan ke panitia daerah untuk dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

Di asrama haji, jemaah haji kloter pertama disambut oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin yang didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Surakarta, Farhani serta Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.


Farhani menjelaskan, jemaah haji kloter pertama saat diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 358 orang. Kemudian ada satu jemaah yang wafat di Tanah Suci. Sehingga jumlahnya menjadi 357 jamaah.

Saat pemulangan ada tiga jemaah yang mutasi masuk ke kloter I ini, yaitu dari Kloter 16 sebanyak dua orang dan satu orang dari Kloter 17. Sehingga pemulangan kloter I ini totalnya 360 orang.

Sementara itu jumlah jemaah haji dari wilayah Jateng dan DIY, yang wafat sejauh ini sebanyak 26 orang. Terdiri 25 orang meninggal dunia di Tanah Suci dan satu di asrama haji.




Peringatan HUT RI dan Doa untuk Indonesia dari Tanah Suci:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com