ADVERTISEMENT
detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:12 WIB

Kebakaran Telah Padam, Jalur Pendakian Gunung Sumbing Dibuka Lagi

Uje Hartono - detikNews
Kebakaran Telah Padam, Jalur Pendakian Gunung Sumbing Dibuka Lagi Penampakan kebakaran lereng Gunung Sumbing dari Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Rabu (14/8/2019). Foto: Eko Susanto/detikcom
Wonosobo - Jalur pendakian Gunung Sumbing kembali dibuka hari ini. Sebelumnya, jalur pendakian sempat ditutup sejak Minggu (11/8) akibat kebakaran di lereng Gunung Sumbing di Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Wonosobo.

"Berdasarkan surat edaran Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS), mulai hari ini, pendakian dibuka lagi," ujar pengelola base camp pendakian Gunung Sumbing jalur Garung, Iwan Fauzi saat dihubungi detikcom, Jumat (16/8/2019).

Pertimbangannya, kata Iwan, lantaran saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Namun demikian, para pendaki tetap diminta untuk memperhatikan berbagai aturan terkait kerawanan kebakaran.


"Setelah berkoordinasi dan musyawarah dengan LMDH, Perhutani, dan Polsek di semua wilayah. Tetapi, untuk pendakian tetap diminta untuk memperhatikan aturan terkait rawan kebakaran," kata dia.

Ia juga mengingatkan agar pendaki untuk menaati peraturan yang ada. Seperti melakukan registrasi sebelum pendakian di base camp resmi. Termasuk mengikuti jalur yang sudah ditentukan baik jalur lama maupun baru.


"Pendaki juga harus menjaga kebersihan mulai dari base camp, tempat camp, jalur pendakian, kawasan puncak, serta kawasan hutan dan sekitarnya," jelasnya.




Puluhan Hektare Lahan di Gunung Sumbing Terbakar, Relawan Bergerak:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed