detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 15:26 WIB

PT KAI Daop 6 Gratiskan Perjalanan 3 KA Lokal 17 Agustus Mendatang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
PT KAI Daop 6 Gratiskan Perjalanan 3 KA Lokal 17 Agustus Mendatang KA Prameks -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menggratiskan tiket untuk sejumlah kereta api pada HUT ke-74 RI, Sabtu, 17 Agustus 2019 nanti. KA yang digratiskan antara lain KA Prameks, Kalijaga dan Batara Kresna.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, mengatakan tiket Rp 0 diberikan untuk dua jenis kereta, yakni perintis dan public service obligation (PSO). KA perintis di wilayahnya ada KA Batara Kresna, sedangkan PSO ada KA Prameks dan KA Kalijaga.

"Di Daop 6 ada tiga kereta yang gratis, Batara Kresna, Kalijaga dan Prameks. Silakan, masyarakat dapat langsung mendapatkan tiket secara go show di loket stasiun," kata Eko saat dihubungi detikcom, Kamis (15/8/2019).


Meskipun tiket diberikan cuma-cuma, KAI memastikan tidak mengurangi kapasitas kereta. Jumlah tiket yang diedarkan tetap sama seperti biasa.

"Jumlah tiket tetap sama, seperti hari-hari biasanya, tidak ada pengurangan," ujar dia.

Pada hari biasa, harga tiket KA Batara Kresna dijual Rp 4 ribu. Sedangkan KA Prameks seharha Rp 8 ribu dan KA Kalijaga seharga Rp 10 ribu. Bagi pelanggan yang sudah jauh hari memesan tiket, KAI akan mengembalikan uang mereka.


"Kalau sudah terlanjur memesan tiket, bisa menunjukkan tiket atau boarding pass ke stasiun kedatangan," kata Eko.

Adapun KA Batara Kresna melayani rute Solo-Wonogiri. KA Kalijaga melayani rute Solo-Semarang. Sedangkan KA Prameks melayani perjalanan Solo-Yogyakarta, Solo-Kutoarjo dan Yogyakarta-Kutoarjo.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed