Buya Syafii: Disebut JK, Sri Mulyani Masuk Lagi di Kabinet Jokowi

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 15:14 WIB
Buya Syafii Maarif di rumahnya, Sleman. Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, menyebut Sri Mulyani akan tetap berada di barisan kabinet Jokowi di periode kedua. Kepastian itu didapat dari Wapres JK saat bertamu ke kediamannya di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

"Disebut-sebut (JK) tadi yang siapa, Menteri Perekonomian (Keuangan) Sri Mulyani, tapi nggak tahu dia jadi Menko apa tetap Menteri Keuangan. Itu yang baru disebut (JK), yang lain belum disebut," kata Buya Syafii usai dikunjungi Wapres JK, Kamis (15/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Buya Syafii tidak mengusulkan nama calon menteri kepada Wapres JK. Hanya saja Buya Syafii menitipkan pesan kepada Wapres JK agar disampaikan ke Jokowi. Pesan tersebut berkaitan dengan kriteria menteri di kabinet baru.


"Saya ndak menyebut orang, pokoknya susun kabinet yang profesional, tapi jangan antipartai, karena partai yang mendukung. Jadi profesional itu bukan antipartai, tapi dicari orang-orang partai yang profesional, yang mempunyai integritas," paparnya.


Tak hanya itu, lanjut Buya Syafii, sosok menteri di kabinet periode kedua juga harus berjiwa patriot. "Petarung juga ya, jadi jangan yes-yes saja. Tapi (menteri) yang betul-betul yang memberi masukan kepada presiden yang benar, berdasarkan fakta," tutupnya. (ush/sip)