detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 13:02 WIB

Sumur Mengering, Warga di Demak Beli Air Bersih Asal Jepara

Wikha Setiawan - detikNews
Sumur Mengering, Warga di Demak Beli Air Bersih Asal Jepara Warga Desa Rejosari, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak mulai kekurangan air bersih. -- Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Demak - Sejumlah desa di Kabupaten Demak, Jawa Tengah mengalami kesulitan air bersih. Sebagian warga terpaksa membeli air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sukarni (60) warga Desa Rejosari, Kecamatan Mijen menuturkan bahwa sumber air sumur milik warga sudah mulai menipis. Kondisi saat ini air hanya ada di pagi hari, itupun dipakai warga untuk mencuci perabot rumah tangga dan mandi.

"Sudah sulit untuk air bersih. Sumur hanya bisa diambil airnya kalau pagi hari, sedangkan siang dan sore sudah habis," katanya kepada detikcom, Kamis (15/8/2019).

Sedangkan untuk kebutuhan memasak atau konsumsi, warga harus membeli dari penjual air keliling asal Kabupaten Jepara. Karena air sumur warga berubah warna menjadi kekuning-kuningan sehingga tidak layak jika dikonsumsi.

"Airnya warna kuning dan tidak enak rasanya. Jadi hanya untuk mandi atau cuci piring dan lainnya, itu juga untuk pagi hari," paparnya.

"Kalau saya (beli air bersih) sehari butuh empat sampai lima jeriken. Per jeriken harganya Rp 3.000," imbuhnya.

Senada disampaikan Paryono (63) warga Desa Pasir, Kecamatan Mijen. Tiap hari dia harus membeli air untuk memasak.

"Kalau satu jeriken air Rp 2.500. Kalau saya masih butuh satu sampai dua jeriken per harinya," ungkapnya.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Demak, Agus Nugroho menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan droping air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan. Diantaranya Desa Raji, Kecamatan Demak dan Desa Pasir, Kecamatan Mijen.

"Kami bersama PMI bekerja sama melakukan penyaluran air bersih ke desa-desa. Kemarin di Desa Pasir kami kirim sekitar 5.000 liter air bersih," jelasnya.
(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed