detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 15:30 WIB

Niat Gabung Jokowi, Roy Suryo: Demokrat Tetap Kritis ke Pemerintah

Pradito Rida Pertana - detikNews
Niat Gabung Jokowi, Roy Suryo: Demokrat Tetap Kritis ke Pemerintah Politikus Partai Demokrat, Roy Suryo. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Politikus Partai Demokrat, Roy Suryo menyebut Partai Demokrat telah melakukan pembicaraan terkait arah politik. Menurutnya, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini cenderung mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kita tunggu saja kabar baiknya, tapi sebenarnya sudah ada (pembicaraan) kemarin pascaperingatan 40 hari wafatnya Bu Ani (Ani Yudhoyono), dan kami memang kecenderungannya mengarah kepada mendukung pemerintahan yang terpilih," katanya usai menghadiri Diskusi Publik bertema 'Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Generasi Milenial' di Hotel Ros-In, Bantul, Selasa (13/8/2019).

"Karena bagaimanapun juga pemerintahan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin yang insyaallah dilantik 20 Oktober besok sudah sah secara hukum di kita, karena Mahkamah Konstitusi juga menolak gugatan dari Pak Prabowo," sambung Roy.

Kendati arah politik Partai Demokrat lebih condong mendukung pemerintahan, Roy menegaskan bahwa Demokrat tetap kritis dalam mengawasi jalannya pemerintahan. Selain itu, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Prabowo-Sandi atas segala perjuangan dan partisipasinya dalam Pemilu 2019.

"Pesan saya kita tetap kritis, karena suara beliau (Jokowi-Ma'ruf) kan setengah lebih sedikit. Artinya ada setengah kurang yang belum pilih Pak Jokowi, jadi ini yang harus diayomi dengan sangat baik dan jangan sampai kemudian tidak terakomodir," ucapnya.

"Dan fungsi (Partai) Demokrat adalah sebagai perekat agar yang tadinya, katakanlah mau jadi oposisi ya tidak apa-apa, oposisi bagus. Tapi akan lebih bagus lagi kalau antara oposisi dan pendukung pemerintah bisa berkolaborasi, berkolaborasi tidak mesti bersinergi," lanjut Roy.

Sementara terkait kemungkinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjabat menteri pada pemerintahan jilid 2 Jokowi, Roy menyebut hal itu sepenuhnya di tangan presiden. Namun, jika Jokowi menghendaki maka ia menyebut bahwa AHY adalah kader Demokrat yang paling pantas menjadi menteri.

"Semua tergantung ke Pak Jokowi, kita tidak mungkin mengajukan tanpa lihat kemungkinan di sana. Tapi kalau ditanya apakah AHY siap? Insyaallah siap, karena dari sisi pendidikan dan integritas insyaallah tidak mengecewakan," ucapnya.
(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com