Saluran Air Pasar Brebes Penuh Sampah, Bau Menyengat Dikeluhkan

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 13 Agu 2019 13:23 WIB
Sampah di saluran air Brebes Kota (Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Saluran air di tengah kawasan perkotaan Brebes, Jawa Tengah, dipenuhi sampah. Hal ini menimbulkan bau busuk yang mengganggu kegiatan warga.

Kondisi saluran air di wilayah perkotaan Brebes saat musim kemarau kian memprihatinkan. Saluran itu dipenuhi sampah buangan dari pasar yang berada di sebelahnya. Akibatnya, bau busuk dari sampah ini mengganggu warga.

Pembersihan saluran yang rutin dilakukan hanya mengangkut sampah di jalanan. Sedangkan sampah yang tertumpuk di saluran terkesan dibiarkan.

"Baunya menyengat sekali. Kalau lewat sini, pasti tutup hidung. Soalnya, sangat bau. Kami berharap sampah dalam irigasi ini segera diangkat karena sangat mengganggu," kata Muslih (35), salah seorang warga.


Saluran irigasi ini berlokasi di tengah kawasan kota. Letaknya di samping Kodim Brebes dan melintang di tengah-tengah pasar. Sampah dari pasar yang dibuang dan memenuhi saluran.

"Petugas tiap sore mengangkut sampah yang ditumpuk di pinggir saluran. Tapi yang dibuang di saluran terkesan dibiarkan," sambung Muslih.


Kepala Bidang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Pengendalian Pencemaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes Agus Kholik mengatakan sampah di saluran tersebut merupakan tanggung jawab pihak pasar selaku pengelola kawasan.

"Sudah diatur dalam UU Nomor 18 Tahun 2008 dan Perda Nomor 2 Tahun 2015," tandas Agus Kholik.

Agus Kholik menambahkan, seharusnya pasar memiliki instalasi pengolahan sampah dan IPAL sendiri. Namun, pada kenyataannya, belum ada yang memiliki pengolahan sampah. (mbr/mbr)