Gunung Slamet Bertatus Waspada, Gempa Tremor masih Dominan

Gunung Slamet Bertatus Waspada, Gempa Tremor masih Dominan

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 11:26 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pemalang - Gunung Slamet di Jawa Tengah ditingkatkan statusnya dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II) sejak hari Jumat (9/8/2019). Kondisi Gunung Slamet hingga Sabtu Pagi (10/8/2019), sudah jarang terjadi gempa hembusan. Namun, hingga Sabtu siang ini justru masih didominasi oleh gempa tremor.

"Gempa hembusan masih ada tapi sedikit, lebih dominan gempa tremornya, saat ini. menunjukan aktivitas cenderung ada peningkatan," Kata Sukeedi, petugas di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sabtu (10/8/2019).
Gunung Slamet Bertatus Waspada, Gempa Tremor masih DominanFoto: Robby Bernardi/detikcom

Kendati cenderung meningkat dengan adanya gempa tremornya, petugas terus mengamati perkembangan baik dari seismograf maupun parameter lainnya.

"Kita mengikuti terus perkembanganya dari waktu ke waktu dari seismograf, suhu air panasnya. Teman kita masih melakukan pengecekan suhu air panas di Guci," jelas Sukedi.

Dengan peningkatan aktivitas kegunungapian tersebut, Sukedi menekankan semua pintu pendakian Gunung Slamet untuk saat ini tutup. Sedangkan untuk aktivitas warga, masih bisa melakukan seperti biasanya.

"Tidak perlu panik. Warga boleh masih tetap melakukan aktivitas biasa, yang tidak boleh melakukan kegiatan di radius 2 km dari puncak/kawah. Semua pendakian ditutup," terangnya.



PVMBG: Status Gunung Tangkuban Perahu Masih Tinggi:

[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)