Gunung Slamet Berstatus Waspada, 50 Pendaki Tercatat Naik

Gunung Slamet Berstatus Waspada, 50 Pendaki Tercatat Naik

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 09 Agu 2019 14:21 WIB
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
banyumas - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Slamet, Jawa Tengah, dari level I (Normal) menjadi level II (Waspada). Saat status gunung dinaikkan, saat ini tercatat di Pos Pendakian Bambangan, Purbalingga, ada 50 pendaki yang naik sejak kemarin.

"Yang sejak kemarin hingga tadi pagi ada yang naik ada sekitar 50 pendaki. Kemarin ada 30 pendaki dan tadi pagi juga ada pendakian sebelum ada kabar naiknya status," kata Koordinator Lapangan SAR Purbalingga Slamet Ardiansyah saat dihubungi detikcom, Jumat (9/8/2019).

"Kalau ditotal ada sekitar 50 pendaki dari kemarin hingga hari ini," lanjut dia.

Dia mengatakan, sejak adanya informasi adanya kenaikan status Gunung Slamet, pendakian langsung ditutup.



"Sejak mendapat informasi naiknya status, hingga saat ini kita setop sejak ada informasi yang kita dapat jam 9 pagi. Sejak saat itu ada banyak yang kita setop mendaki," jelasnya.

Dia menjelaskan pihaknya belum dapat mengantisipasi bagaimana mekanisme untuk menjemput 50 pendaki yang naik ke Gunung Slamet. Pihaknya masih menunggu dari Perhutani KPH Banyumas Timur, yang saat ini mengelola pendakian Gunung Slamet.

"Kita belum tahu antisipasinya seperti apa karena ini bahaya juga. Karena sudah peralihan pengelolaan, kita tunggu dari Perhutani," ucapnya.


(arb/bgs)