Wagub Jateng Kenang Pesan Terakhir Ayahnya, Mbah Moen

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 20:42 WIB
Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengenang pesan terakhir yang disampaikan oleh ayahnya, KH Maimoen Zubair sebelum wafat. Pesan tersebut diterimanya saat mengiringi pemberangkatan Mbah Moen ketika hendak berangkat berhaji kemarin.

Pesan yang didapatkan oleh Taj Yasin dari Mbah Moen yakni tentang tanggung jawab dan amanah seorang pemimpin terhadap rakyatnya. Ia pun dipesan oleh Mbah Moen agar tak tergoda dengan duniawi.

"Waktu di Jakarta kepada saya, hati-hati di Pemerintahan, harus menjaga amanah itu, jangan sampai tergoda dengan dunia, keuangan dan lain sebagainya harus dijaga betul. Itu beliau mengingatkan sebelum berangkat haji," kata Yasin sambil berkaca-kaca.

Yasin bersama dengan kakaknya, Majid Kamil bersama sejumlah anggota keluarga lainnya, yang mengantarkan Mbah Moen di bandara untuk berangkat berhaji. Kala itu, hanya Yasin yang mendapat nasihat langsung dari Mbah Moen.

"Beliau juga menyampaikan selalu membaca salawat terhadap Sayyidatina Khodijah, istri Nabi yang pertama, itu selalu beliau utamakan setiap pertemuan. Ketika majelis solawat beliau selalu membaca solawat ini. Maka memang ketika dilihat seperti itu, beliau memang ingin ada di samping Sayidatina Khodijah," terangnya.

Malam ini, sejumlah pelayat masih terus berdatangan di rumah duka kediaman Mbah Moen yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Para santri Ponpes bersama dengan para tamu pelayat terus membacakan tahlil di area Ponpes.
(bgk/bgs)