Polisi dan PLN Bentuk Tim Investigasi Korslet Jaringan SUTET Gunungpati

Polisi dan PLN Bentuk Tim Investigasi Korslet Jaringan SUTET Gunungpati

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 12:37 WIB
Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel di Purwokerto. (Arbi Anugrah/detikcom)
Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel di Purwokerto. (Arbi Anugrah/detikcom)
Purwokerto - Polisi bersama PLN membentuk tim untuk menginvestigasi gangguan jaringan saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Gunungpati, Semarang. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

"Sudah, Polda sudah membentuk bersama-sama dengan PLN," ujar Rycko kepada wartawan setelah menjadi inspektur upacara dalam acara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2019 di SPN Purwokerto, Selasa (6/8/2019).

Rycko menjelaskan sejauh ini hasil investigasi menunjukkan adanya gangguan pasokan listrik di turbin yang berada di Suralaya. Penyebab gangguan tersebut, lanjut Rycko, adalah ada jaringan SUTET yang korslet terkena pohon di daerah Gunungpati, Ungaran, Kabupaten Semarang.


"Penyebab-penyebab lain masih dilakukan investigasi," lanjutnya.

Namun dia memastikan peristiwa yang mengakibatkan blackout di sebagian Jawa ini bukan karena kelalaian atau kesengajaan.


"Yang jelas polisi sudah melakukan investigasi apakah ada unsur kesengajaan atau unsur kelalaian atau ada unsur sabotase di situ. Namun, dari hasil penyelidikan kami kemarin, itu adalah karena memang faktor alam," jelas Rycko.


Listrik Padam, PLN Wajib Ganti Rugi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(arb/sip)