Ada Suara Ledakan di SUTET di Gunungpati Semarang, Ada Apa?

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 05 Agu 2019 20:46 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Dua tiang yang kabelnya melintang di bawah SUTET di Gunungpati, Semarang, diberi garis polisi. Ternyata sempat terdengar ledakan yang waktunya terjadi sebelum Jakarta padam listrik.

Lokasi tiang tersebut ada di kiri Jalan Malon, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati. Lokasi pertama adalah tiang telepon, kemudian sekitar 50 meter ada tiang lagi yang diberi garis polisi.

Di titik kedua tersebut terlihat sejumlah pohon tumbang dengan bekas digergaji. Garis polisi masih melintang sekitar 10 meter.

Salah satu warga, Puniah, mengatakan hari Minggu (4/8) kemarin sekitar pukul 11.20 WIB, ada suara ledakan dari kabel SUTET yang melintang di atasnya. Sedangkan peristiwa blackout di Jakarta terjadi pada 11.50 WIB.




"Ada empat kali suara duer," kata Puniah, Senin (5/8/2019).

Ada pepohonan yang sempat terbakar dan itu membuat warga panik. Puniah pun berusaha menyelamatkan barang sebisanya dari rumahnya.

"Ya, panik kemarin," pungkasnya.

Ada pemadaman yang dilakukan, kemudian pohon-pohon di dekat tiang ditebang. Dari peristiwa itu, ternyata ada warga bernama Musaid yang terluka dalam peristiwa itu.

"Pohonnya setelah itu ditebang. Pak Musaid dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Warga lainnya, Lis Amalia, mengatakan sempat ada api di kabel SUTET saat kejadian kemarin. Sedangkan Musaid terpental saat berkumpul bersama warga setelah ledakan pertama.

"Suara ledakan kedua, Pak Musaid mental. Luka di tangan dan kaki," kata Lis.


Pada ledakan ketiga, ada lagi warga yang terluka saat berusaha memadamkan api, namun tidak sampai dibawa ke rumah sakit.

"Lukanya di kaki, sudah diobati," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Komunikasi PLN Jateng-DIY Haris mengatakan SUTET di Gunungpati merupakan jalur transmisi interkoneksi Jawa-Bali.

"Itu jalur transmisi 500 kV interkoneksi Jawa-Bali," kata Haris.


Suasana di Gardu Induk Ungaran Pascagangguan Transmisi:

[Gambas:Video 20detik]



(alg/bgk)